KH Sya’roni Ahmadi: Didiklah Anak dengan Ilmu dan Akhlak

KUDUS – Mustasyar PBNU KH Sya’roni Ahmadi mengingatkan dalam mendidik seorang anak harus dengan ilmu dan akhlakul karimah. Dengan begitu, anak tersebut akan menjadi orang terhormat.

“Orang terhormat itu ‘alim dan berakhlakul karimah. Karenanya, didiklah anak dengan ilmu dan akhlak,” tegasnya saat menyampaikan mauidhah hasanah dalam acara peresmian Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Plus Keterampilan Raudlatus Shibyan desa Peganjaran Bae Kudus, Selasa (28/4).

Ulama kharismatik asal Kudus ini mengajak untuk meneladani Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang dikenal pintar dan memiliki keistimewaan akhlakul karimah. Diceritakannya, Ali saat menuju masjid untuk sholat berjamaah melihat orang tua (Yahudi) bertongkat yang berjalan di depannya. Ali hanya mengawasi dari jauh tidak mau mendahului orang tua tersebut.

“Meskipun Yahudi, Ali bin Abi Thalib ini tetap menghormati orang tua dengan tidak mendahuluinya. Padahal saat itu sholat berjamah sudah berlangsung bersama Nabi Muhammad sebagai imamnya,” tutur Kiai Sya’roni.

Kemudian, lanjutnya, Nabi pada rekaat pertama tidak bisa I’tidal karena ditahan oleh malaikat Jibril supaya tidak bisa berdiri dari ruku’. Karena untuk menunggu Ali yang masih di jalan menuju masjid.

“Ketika sahabat bertanya, Nabi menjawab, menunggu Ali yang menghormati orang tua berjalan. Ini bukti keistimewaan akhlaknya Ali, meskipun bukan muslim tetap dihormati,” ujar Pengasuh Pengajian Tafsir Al-Qur’an setiap Jum’at fajar di Masjid Menara Kudus.

Di akhir ceramahnya, Kiai Sya’roni mengharapkan Madrasah Aliyah NU Raudlatus Shibyan supaya pendidikan agamanya mantap dengan menerapkan segala ilmu yang tercantum dalam Al- Qur’an sebagaimana Surat At-taubah ayat 122.

Kegiatan peresmian yang berlangsung siang hari itu, turut hadir juga Ketua PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah Agus Hadi Sofwan, Wakil Rais PCNU Kudus, KH Chusnan Ms dan KH Maksum AK serta seluruh jajaran pengurus madrasah, dewan guru dan tamu undangan lainnya.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: