Khataman Al-Qur’an se-Jombang Awali Rangkaian Haul Gus Dur

Jombang,
Khataman al-Qur’an di setiap masjid dan mushala sekabupaten menjadi pembuka dari berbagai rangkaian perhelatan haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang. Kegiatan ini diadakan sebagai ungkapan rasa hormat dan ta’dzimnya warga masyarakat Jombang kepada almarhum Gus Dur dalam perayaan haul ke-6 ini.

Sekitar pukul 06.00 WIB pagi berbagai masjid dan mushalla di Jombang sudah mulai ramai dengan gemuru bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Masyarakat setempat berdatangan guna membaca Al-Qur’an hingga rampung 30 juz. Setiap masjid dan mushalla setidaknya ada 15 orang.

Selain membaca Al-Qur’an, warga masyarakat sekitar yang berhalangan hadir ke mushalla atau masjid membawakan hidangan berupa minuman, makanan, dan buah-buahan untuk disuguhkan kepada warga yang sedang ngaji. Mereka tampak khusyuk membaca Al-Qur’an secara bersama-sama.

Pengurus Pesantren Tebuireng Fakhrur Razi yang juga sebagai salah satu panitia penyelenggara haul Gus Dur mengatakan, antusias masyarakat dalam rentetan agenda haul Mantan Presiden Ke-4 Republik Indonesia (RI) ini perlu mendapat apresiasi. Pasalnya hampir semua rangkaian agenda mendapat dukungan penuh dari masyarakat. 

“Haul Ke-6 Gus Dur ini sanagat semarak dengan antusias warga masyarakat Jombang,” katanya kepada , Sabtu (26/12) siang.

Haul Gus Dur bertempat di area Pesantren Tebuireng, Jombang, dengan beberapa rangkaian acara. Di antaranya tahlil bersama dan pengajian akbar. Hadir pada agenda ini Wakil Presiden (Wapres) RI H Jusuf Kalla (JK), KH Maimun Zubair, KH Shalahuddin Wahid, Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Jamaluddin Ahmad, dan masyarakat umum. (Syamsul/Alhafiz K)

 <div class="tanggal">Ahad, 27/12/2015 08:23 <b>Nama: subkhan</b><br /> urun rembug<br /> Keikhlasan Gus Dur selama hidup dalam membaktikan manfaat ini bagi manusia bangsa dan agama, berbuah keikhlasan masyarakat mendoakannya.. 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)