Kiai Said: PBNU akan Fokus Kerja

Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyatakan PBNU saat ini akan segera bergerak dengan cepat dengan memfokuskan diri pada kerja-kerja sesuai dengan program dan rekomendasi muktamar. 

“Kita tidak akan merespon anggapan bahwa muktamar cacat hukum atau tidak sah. Ke depan, kita fokus kerja. Dalam rapat gabungan syuriyah tanfidziyah, Jum’at (28/8) hadir Pak M Nuh, ada Syaifullah Yusuf, mereka punya pengalaman mengembangkan SDM melalui pendidikan dan bagaimana membangun masyarakat,” kepada NU Online, Ahad.

Dalam pertemuan dengan presiden untuk melaporkan susunan kepengurusan PBNU, Kiai Said mengatakan bahwa presiden percaya bahwa NU bisa menyelesaikan permasalahannya secara internal. Pemerintah dalam hal ini tidak akan ikut campur. 

Ia menjelaskan, saat ini banyak program dengan sejumlah kementerian yang telah ditandatangani MoU-nya seperti dengan Kementerian Agama, Kementerian Desa, Kementerian Pemuda dan Olah Raga serta kementerian lainnya. 

“Banyak sekali yang bisa dikerjakan seperti bagaimana NU bisa menjadi pendamping masyarakat desa, mereka kan perlu mendamping,” katanya memberi contoh. 

Dalam pertemuan dengan presiden Jokowi, PBNU juga menyapaikan program ekonomi kerakyatan. Dalam hal ini Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi positifnya atas keterlibatan NU dalam memberdayakan masyarakat. 

“Presiden akan memerintahkan para menterinya untuk bermitra dengan NU. Semuanya akan kita tindaklanjuti bagaimana aplikasinya,” jelasnya. 

Suasana dinamis juga terlihat di jajaran syuriyah PBNU. Setelah rapat gabungan, pihak syuriyah kemudian melakukan rapat tersendiri untuk menentukan agenda-agenda penting yang akan dilaksanakan. Sebelumnya Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin menegakan untuk menggerakkan jajaran syuriyah agar lebih aktif dalam berorganisasi. (Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)