Korps Pelajar NU Jember Berlatih Tangani Bencana

Bondowoso,
Dalam rangka meningkatkan kemampuan kader khususnya yang terkait dengan kebencanaan alam, Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Corps Pelajar Putri IPNU-IPPNU Jember menggelar pendidkan dan latihan pertama (Diklatama) di Balai Benih Ikan, Bondowoso, Jumat-Ahad (18/20). Selama tiga hari, sebanyak 30 kader pelajar NU ini mempelajari materi dan membuat simulasi dalam penanganan korban bencana alam.

Peserta berasal dari Jember, Bodowoso, dan Banyuwangi. “Mereka adalah kader pilihan yang diharapkan dapat menjadi ujung tombak di lapangan dan selalu siap siaga membantu masyarakat dalam menghadapi bencana alam,” ujar Komandan CBP Jember Fauzi Setiawan di Bondowoso, kemarin.

Menurut Fauzi, selain mendapat materi seputar tanggap bencana, peserta Diklatama juga diajari keterampilan baris-berbaris. Kader IPNU-IPPNU tidak boleh hanya terpaku pada kegiatan-kegaitan reguler yang bersifat elitis, namun harus membaur dengan masyarakat dalam segala kondisi dan situasi.

“Jadi selain penataan ke dalam, IPNU-IPPNU juga perlu mengabdikan dirinya untuk pelayanan masyarakat. Apapun itu selama kita bisa, maka harus kita lakukan,” ungkapnya.

Salah satu materi dalam Diklatama itu adalah soal Social Emergency Respon (SER), yang disampaikan oleh M Ainun Najib dari DKW IPNU Jawa Timur. Menurut Ainun, kader IPNU-IPPNU sangat penting dibimbing dan diajari soal tanggap bencana, karena Jawa Timur termasuk daerah rawan bencana.

“Jadi kalau terjadi bencana kader-akder IPNU-IPPNU langsung tanggap dan tahu apa yang harus dilakukan, di antaranya langsung berkoordinasi dengan tim SAR,” ucapnya. (Aryudi/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: