Kosti Jatim Gelar Festival Onthel Pesantren

Probolinggo,
Dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional, sejumlah Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) se-Jawa Timur menggelar Festival Onthel Pesantren, Kamis (22/10). Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo ini dilakukan dengan berkonvoi bersama santri dengan mengenakan konstum unik.

Pada festival onthel pesantren ini, para komunitas menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer dengan start dan finish di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Kostum yang dikenakan peserta ini berupa personel tentara keamanan rakyat atau Tentara Nasional Indonesia (TNI) di era penjajahan dan kostum unik lainnya.

Festival onthel pesantren bertajuk Onthel Goes to Pesantren ini sengaja gelas oleh Kosti se-Jawa Timur dan para santri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan jumlah ribuan peserta.

Onthel goes to pesantren ini menjadi salah satu wujud kepedulian komunitas sepeda kuno terhadap Hari Santri Nasional. Antara onthel dan santri pesantren memiliki persamaan zaman. Yakni sama-sama tumbuh saat era sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

Haris Damanhuri Ramli, Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong mengaku kalau konvoi onthel goes to pesantren ini digelar untuk memeriahkan Hari Santri Nasional sekaligus membuka musyawarah kerja wilayah (muskerwil) Kkosti Jatim ke-IV.

“Kami sengaja menggelar acara ini untuk memeriahkan Hari Santri Nasional. Selain itu agar sepeda onthel kuno tetap menjadi budaya Jawa Timuran. Kami berharap pelestarian budaya onthel bersama kaum santri dapat kembali digelar pada tahun-tahun mendatang, sehingga jati diri bangsa pada zaman pra kemerdekaan tetap terjaga,” katanya. (Syamsul Akbar/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: