Kudus Bekali Alumni BPUN dengan Makesta Unggulan

Kudus, NU Online
Sedikitnya 44 peserta alumni Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) yang diselenggarakan IPNU dan IPPNU Cabang Kudus mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Jenjang pengkaderan formal ini dilaksanakan pada Kamis-Jum’at (9-10/7) di aula Gedung NU Kudus. 

Peserta bukan hanya dari Kudus, namun ada juga yang berasal dari daerah lain yang sebelumnya tergabung dalam kegiatan BPUN IPNU-IPPNU Kudus. Mereka berasal dari Rembang, Sragen, Grobogan, hingga Magelang.

Agenda Makesta ini merupakan pengukuhan formal setelah selama sebulan di pesantren peserta BPUN sudah dibekali pemahaman tentang Nahdlatul Ulama.

“Makesta ini boleh dikatakan sebagai lanjutan dari BPUN sebelum akhirnya mereka benar-benar terjun di perguruan tinggi. Materinya cukup singkat, yakni Aswaja dan Ke-NU-an oleh KH. Asyrofi Masyitho, Keislaman oleh ustadz Muhammad Nailal Mustaghfirin, Ke-IPNU-IPPNU-an oleh Cabang. Terakhir ada penguatan organisasi, disampaikan tim pengkaderan Cabang yang dinahkodai Mbak Septianti dan Kang Sya’roni,” papar Futuhal Hidayah, Ketua PC IPPNU Kudus kepada NU Online, Jum’at malam (10/07).

Kegiatan yang didampingi langsung oleh Manager Kota Kudus, Abu Hasan Asy’ari itu juga mengadakan buka bersama dengan para tutor seusai Tahtimul Qur’an dan kuliah senja oleh ustadz Dwi Saifullah, pada Kamis (9/10). Malamnya diadakan pula santunan yatim-piatu dari panti asuhan Nurul Jannah.

Pembaiatan peserta Makesta dilaksanakan saat fajar setelah sahur bersama. Kegiatan ini diharapkan sebagai pijakan bagi mereka untuk bersemangat membangun umat dengan mengabdi kepada organisasi yang didirikan para kiai sepuh, Nahdlatul Ulama.

“Semoga selain dapat aktif di dunia pendidikan formal, mereka juga mau dan mampu aktif di organisasi dan membawa kemajuan umat ini ke depan. Kami juga berharap agar ada inisiatif dalam diri mereka untuk mengumpulkan keluarga alumni BPUN dalam forum yang mereka buat sendiri. Biar ada rasa kekeluargaan,” pungkas Hidayah.

Agenda PC IPNU-IPPNU berikutnya yakni kerjasama dengan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Universitas Negeri Semarang mengadakan try out UM PTN. Rencananya acara ini akan dilaksanakan pada Sabtu pagi (11/7) di gedung SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus. (Istahiyyah/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: