Lakpesdam NU Lampung Tengah Inisiasi Gerakan NULI

Lampung Tengah, Ketua Pimpinan Cabang Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (PC Lakpesdam NU) Lampung Tengah, Purwanto mengajak pelajar NU, mahasiswa, santri, kader muda NU lintas sektor di Kabupaten Lampung Tengah khususnya dan Provinsi Lampung umumnya untuk berparstisipasi dan peduli dalam gerakan NULI (Nahdlatul Ulama Literasi).

“Gerakan NULI ini penting dan harus dibumikan secara kontinyu mengingat pentingnya tradisi menulis dikalangan Nahdliyin. Banyak sebagian warga NU yang pandai beragumentasi namun masih kurang dalam hal dokumentasi menulis dan yang tak kalah pentingnya adalah gerakan NULI ini adalah dalam rangka peningkatan kapasitas pengembangan sumber daya manusia jamaah NU berbasis membaca dan menulis,” papar Purwanto.  

Sementara itu, Saifur Rijal, Direktur Angringan Institute Lampung Tengah mendukung penuh gerakan NULI yang diprogramkan oleh PC Lakpesdam NU Lampung Tengah, menurutnya, gerakan NULI, tradisi menulis secara sederhana bisa dimulai dari para santri dengan menuliskan profil pesantrennya masing-masing atau madrasahnya masing-masing

“Lampung Tengah khususnya dan provinsi Lampung umumnya mempunyai latar belakang historis-antropologis pesantren yang cukup tinggi dan ini merupakan kekayaan sosial sekaligus aset jamaah dan jam’iyyah NU yang harus ditulis dan dicetak ber-ISBN dengan baik dan rapi tentunya,” tambahnya.

Adapun beberapa pesantren yang cukup berpengaruh di Lampung yang bisa menjadi bahan penulisan antara lain: pesantren Raudlotus Sholihin Purwosari Padang Ratu Lampung Tengah, pesantren Tri Bhakti At Taqwa Rama Puja Raman Utara Lampung Timur, pesantren Darul Ma’arif Tigeneneng Pesawaran, pesantren Darussalamah Braja Dewa Way Jepara Lampung Timur, pesantren Darul A’mal Metro, pesantren Al Hikmah Way Halim Bandar Lampung, dan pesantren Baitul Mustaqim Punggur Lampung Tengah. (Syarief Kurniawan/Fathoni)

Keterangan Foto: Gedung PCNU Lampung Tengah

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: