Libatkan 480 Penghafal, RMI Gelar Sema’an Al-Qur’an 160 Majelis

Jombang, NU Online
Menyambut Muktamar ke 33 NU pada 1-5 Agustus 2015, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jombang mengadakan khataman Al-Quran bil ghoib  dengan 160 majelis. Semaan  Al-Qur’an digelar selama 3 hari yang melibatkan 480 penghafal baik hafizh maupun hafizhah.

“Khataman Al-Quran bil ghoib dimulai hari ini. Pembukaan dilakukan di Masjid MAN Tambakberas. Kegiatan ini bagian dari pra kegiatan Muktamar yang dilaksanakan dalam rangka  sukses Muktamar ke-33 NU,” ujar koordinator semaan Ahsan Sutarai, Sabtu (25/7).

Peserta dibagi dalam 160 majelis. Kegiatan khatmil Qur’an dilaksanakan mulai 25-27 Juli. Setiap majelis diisi oleh 3 penghafal Al-Quran, kegiatan di lakukan di mushalla dan masjid, kata Sutari yang juga Ketua Lembaga Takmir Masjid NU Jombang.

Masih menurut Sutari, kegiatan semaan Al-Qur’an tidak hanya dilakukan di masjid dan mushalla yang berada di Kota saja. Akan tetapi seluruh MWCNU juga menggelar acara ini. Jadi setiap pengurus MWCNU minimal menggelar 7 majelis, selama tiga hari ini, tambah Sutari.

Sementara salah satu Pengurus MWCNU Tembelang Suliadi mengatakan, di kecamatan Tembelang ada 7 Majelis Semaan Al-Qur’an yang akan digelar di mushalla dan masjid selama 3 hari.

“Hari ini sema’an dilakukan di 3 musholla. Salah satunya di mushalla Al-Jamil Konto, Tembelang ini,” tuturnya di sela memimpin kegiatan.

Dikatakannya, semaan Al-Qur’an akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Sabtu-Senin lusa. Petugasnya juga berganti ganti. Besok semaan serupa akan dilaksanakan di mushalla Pulogedang, kemudian hari Senin 3 majelis lagi, yakni Pesantren, Mojokrapak dan Tampingmojo,” pungkasnya. (Muslim Abdurrahman/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: