LKNU Berupaya Tingkatkan Kualitas Kesehatan Santri

Jakarta,
Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) menggelar pelatihan kesehatan bagi para santri di Pesantren Matholiul Falah Kajen Pati yang diikuti oleh para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Mathaliul Falah (Staimafa) Pati baru-baru ini.

Pelatihan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran para santri dan mahasiswa Staimafa, terutama dalam hal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Anggia Ermarini, sekretaris LKNU yang menjadi salah satu pembicara dalam pelatihan tersebut menjelaskan, pelatihan ini menggunakan pendekatan teman sebaya. Dengan model ini, ajakan untuk menjalani perilaku hidup bersih dan sehat dilakukan oleh teman sebaya, bukan oleh guru, ustadz atau orang lain yang lebih tua.

“Pendekatan teman sebaya efektif karena generasi muda umumnya lebih percaya para kelompok seusianya dibandingkan dengan petunjuk atau arahan yang disampaikan oleh orang lain yang lebih tua,” katanya.

Lima puluh orang yang dilatih selama dua hari nantinya diharapkan dapat menjadi fasilitator untuk menggerakkan teman sebayanya menjalani perilaku hidup bersih dan sehat. 

Para peserta sangat antusias menjalani pelatihan tersebut karena menambah wawasan baru mereka akan pentingnya pentingnya menjaga kesehatan.

“Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan siap untuk menyebarkan pengetahuan yang mereka peroleh kepada teman-temannya di pesantren maupun di kampus,” kata Anggie. (Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)