LP Ma’arif Siapkan Perkemahan Nasional di NTB

Jakarta, Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdhatul Ulama dalam waktu dekat akan menggelar Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif Nasional (Perwimanas) di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rencana ini sesuai dengan program kerja hasil Rapat Kerja Pengurus Pusat LP Ma’arif NU di Pondok Pesantren Al-Ittihad, Poncol, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada 30 Oktober-1 November 2015 lalu.

Wakil Sekretaris LP Ma’arif NU Pusat Ihsanudin mengatakan, penyelenggaraan Perwimanas ini merupakan salah satu program unggulan LP Ma’arif NU yang berorientasi pada pembentukan karakter kepemimpinan, internalisasi nilai-nilai kebangsaan terhadap siswa dan siswi Pramuka tingkat SLTA sehingga tujuan dari pendidikan dapat tecapai.

“Program ini akan kami laksanakan pada awal tahun 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tentu saja akan melibatkan banyak pihak, terutama  peserta hasil seleksi dari masing-masing wirakarya di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” ungkapnya di Jakarta, Sabtu (14/11).

Ihsanudin menambahkan, setiap peserta akan diberikan pelatihan khusus terkait kepemimpinan dan keterampilan sehingga ketika pulang ke daerahnya masing-masing peserta sudah tidak gagap dengan situasi dan kondisi apapun. Peserta menjadi berwawasan luas, kreatif, terampil, pemberani dan berakhlaqul karimah.

Olimpiade Aswaja

Satu hal yang unik dari Perwimanas nanti, katanya, adalah Olimpiade Aswaja. Olimpiade ini diselenggarakan untuk menguji sejauh mana pengetahuan peserta terkait paham keislaman dan keindonesiaan. Sehingga misi kerukunan antarumat beragama dan antarbangsa dapat diwujudkan.

Selain itu, LP Ma’arif NU memastikan acara pembukaan Perwimanas di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini dihadiri Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Kwartir Nasional Adiyaksa Daud, dan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat TGH. M. Zainul Majdi.

LP Ma’arif NU berharap penyelenggaraan Perwimanas 2016 dapat terlaksana secara sukses dan mendapatkan manfaat bagi kita semua, agama, bangsa, dan negara. (Red: Mahbib)

 

Foto: Ilustrasi (rakyatsultra.co.id)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: