LTM PBNU Gerakkan Progam Bersih-Bersih Masjid di Jakarta

Jakarta, NU Online
Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggagas gerakan bersih-bersih masjid (BBM). Untuk tahap awal gerakan ini menyasar masjid-masjid di DKI Jakarta. Gerakan bersih-bersih masjid ini akan diawali di masjid di sekitar Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (22/12).

Kordinator kegiatan Muhajidin mengatakan, bersih-bersih masjid bertujuan untuk menjaga kenyamanan masyarakat ketika menjalankan ibadah. Gerakan ini juga bertujuan mendampingi masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat sekaligus menyapa nahdliyyin di sekitaran lokasi.

“Sehingga warga nahdliyyin di DKI Jakarta merasa diperhatikan oleh struktural NU dan menjadi semakin dekat  dengan PBNU,” kata Mujahidin kepada NU Online.

Lebih lanjut Mujahidin mengatakan, beberapa tahun belakangan LTM PBNU melakukan kunjungan ke masjid-masjid lebih dari 70 kabupaten dan 17 provinsi. Dari perjalanan itu pihak LTM menyimpulkan, masjid-masjid di Indonesia semakin beku dan berjarak dengan masyarakat.

”Semua itu terjadi karena baik sepinya kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, maupun disebabkan sepinya jamaah,” tambah Mujahidin yang juga Wakil Bendahara LTM PBNU.

Melihat kondisi seperti itu progam BBM akan mengadakan penyuluhan terkait tema-tema kemasjidan, keislaman, dan keindonesiaan. Gerakan ini juga memuat pelatihan pemuda masjid ditambah pengobatan gratis.

“Dengan seperti itu masjid akan ramai, dan diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi,” imbuhnya.

Pada pelaksanaan BBM kali ini LTM PBNU akan melibatkan komponen pengurus masjid dan pemuda masjid. Sehingga slogan “Dari Rumah-Nya, Kita Makmurkan Bumi-Nya” mengumandang di masjid-masjid Indonesia. (Faridur Rohman/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: