LTMNU Kraksaan Beri Label 596 Masjid NU

Probolinggo,
Pengurus Cabang Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kota Kraksaan kabupaten Probolinggo mencatat saat ini terdapat 596 masjid NU yang ada di wilayahnya. Mereka tersebar di 14 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-PCNU Kota Kraksaan.

Ketua LTMNU Kota Kraksaan H Didik Abdul Rohim mengatakan, saat ini LTMNU Kota Kraksaan sedang berupaya agar masjid-masjid ini terdata dengan baik sebagai aset NU. Karena itu, ke depan 596 masjid ini akan dipasangi papan nama dan piagam pengakuan sebagai aset NU.

“Kami sudah membuat program untuk membuatkan papan nama bagi 596 masjid NU di 14 MWCNU. Program ini sejalan dengan program yang sudah dicanangkan oleh PWNU Jawa Timur. Semua ini dilakukan agar masjid-masjid tersebut tercatat secara resmi sebagai aset NU,” ujarnya, Sabtu (7/11).

Menurut Didik, masjid merupakan media pendekatan diri seorang hamba kepada Allah SWT. Maka sangatlah perlu masjid dimakmurkan dengan sholat berjamaah dan kegiatan lain yang bernuansa keislaman ala Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja).

“Yang terpenting lagi sangatlah perlu sebuah masjid mendapatkan lebel resmi sebagai bentuk pengakuan sebagai masjid NU. Hal ini tentunya akan mempermudah dalam melakukan pembinaan dan pengelolaan masjid,” jelasnya.

Didik menegaskan bahwa pelebelan masjid NU sebagai aset NU ini merupakan salah satu program prioritas dari LTMNU Kota Kraksaan. Hal ini penting supaya masjid-masjid tersebut tidak diklaim oleh organisasi lain di luar NU.

“Bisa dibilang ini merupakan dasar hukum pemberian perlindungan terhadap masjid-masjid NU. Tidak hanya itu saja, kami juga akan melakukan pembinaan terhadap takmir dan khotib masjid secara rutin. Mudah-mudahan dengan pelebelan ini, tidak ada lagi masjid NU yang diklaim oleh organisasi di luar NU,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: