Lukisan Resolusi Jihad Hadratussyaikh Sedot Perhatian Muktamirin

Jombang, NU Online
Ada hal menarik dan menyedot perhatian muktamirin maupun  pengunjung yang ikut menyemarakkan perhelatan 5 tahunan NU di stand muktamar di alun-alun Jombang yaitu lukisan fenomenal yang berjudul “Resolusi Jihad Hadratus Syaikh” di stand gallery NU Art. Pengunjung maupun muktamirin yang mengunjungi stand tersebut mempunyai berbagai alasan mulai dari keinginan membeli, menanyakan maupun hanya untuk foto foto.   

Pemikiran pelukis yang dituangkan dalam kain kanvas itu ide dari salah satu tokoh NU yang berinisial N (tidak mau disebut identitasnya) yang terinspirasi  kegiatan muktamar yang menjunjung tinggi asas musyawarah mufakat dan berakhlaq karimah seperti saat para tokoh dan pendiri NU yang dipimpin rais akbar saat mencetuskan Resolusi Jihad.

“Saya diminta salah satu tokoh NU untuk melukis pesan muktamar yang mereferensikan Mbah Hasyim dan para kiai NU saat pencetusan Resolusi Jihad,” kata Toto Muhamad Setiawan pada NU Online di stan gallery art miliknya.

Pelukis asal Jember Jawa Timur itu saat melukis sempat ragu dan tidak percaya diri karena berkaitan dengan NU dan para ulamanya dengan kekhawatiran menyinggung perasaan umat, namun sebaliknya setelah lukisan jadi, justru sambutan dan antusias para kiai  dan warga NU di luar dugaannya karena mencerminkan ketawadhuannya para kiai satu dengan kiai lainnya saling menghargai dan menghormati.

“Alhamdulillah setelah lukisan ini jadi para kiai merasa berterima kasih dan menyambutnya dengan baik,” tutur Toto.
 Berdasarkan keterangan sang pelukis, lukisan itu dibikin hanya satu buah dan dijual dengan sistem lelang dengan harga pembuka Rp.100.000.000. Sampai Senin malam sudah ada yang menawar diatasnya. (A Shiddiq Sugiarto/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)