Mahasiswa Bandung Diingatkan Pentingnya Jaga Pilar Kebangsaan

Bandung, NU Online
Salah satu pimpinan MPR RI Usman Sapta menjelaskan pentingnya pilar kebangsaan kepada mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Ia menekankan pilar kebangsaan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dapat mendidik mahasiswa menjadi generasi yang kokoh dalam beragama, namun mencintai negara dan bangsanya.

“Pancasila sudah final, kalau ada yang hendak melawan pancasila, kalianlah yang menghapinya,” kata Wakil Ketua MPR RI itu saat menjadi keynote speaker dalam kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) di aula UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis (27/8).

Usman mengingatkan pembangunan suatu negara dimulai dari pembangunan diri melalui sikap cinta kepada negara. “Bagaimana kita bisa membangun negara tanpa ada nasionalisme,” sambungnya dihadapan sekitar 6000 mahasiswa baru tahun ajaran 2015-2016.

Selain itu, Usman menyinggung sekarang ini banyak orang yang mengatasnamakan agama untuk menyerang umat agama lain. Namun ia menolak bahwa Islam mengajarkan kekerasan, justru Islam mengajarkan kedamaian.

“Islam itu luar biasa, Islam tidak memerintahkan umat (agama lain) untuk masuk Islam secara memaksa,” tegas Usman dalam orientasi yang bertemakan ‘Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dan Kebangsaan’. (M Zidni Nafi’/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: