Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Tingkatkan Ukhuwah Nahdliyah

Probolinggo, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur Senin (9/11) malam menggelar kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor di kediaman ustadz Helmi di Desa Klenang Kidul Kecamatan Banyuanyar.

Dalam majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor ini, para pemuda Ansor bersama masyarakat membaca istighotsah yang dilanjutkan dengan sholawat dan Rattibul Haddad. Kegiatan ini diakhiri dengan musyawarah ke-Ansor-an.

Kegiatan yang rutin digelar dari ranting ke ranting ini diikuti oleh sekitar 100 orang pemuda Ansor dari pengurus Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor mulai tingkat anak cabang hingga ranting.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Banyuanyar Kholilullah mengatakan, majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor ini digelar dengan tujuan untuk peningkatan ukhuwah an-Nahdliyah dan pengembangan Majelis Dzikir dan sholawat di Kecamatan Banyuanyar.

“Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengamalkan dan membentengi Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) serta kader-kadernya agar lebih gemar berdzikir dan membaca sholawat,” ungkapnya.

Menurut Kholil, kegiatan ini merupakan salah satu prasarat keabsahan kepengurusan di masing-masing tingkatan jika ingin diakui dan memiliki hak suara dalam Konferensi Ansor. Disamping juga menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua pengurus di semua tingkatan.

“Kegiatan ini merupakan program dari PP GP Ansor yang disuarakan kepada seluruh pengurus mulai Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang hingga Pimpinan Ranting,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Kholil berharap bisa mewujudkan pemuda yang cerdas secara spiritual dan mampu memberikan banyak manfaat untuk masyarakat. “Artinya dengan kegiatan ini keberadaan GP Ansor benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: