Makesta, Pelajar NU Lasem Ikuti Pelatihan Menulis

Rembang, Puluhan pelajar yang tergabung dalam Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Lasem, Kabupaten Rembang, mengikuti Pelatihan Jurnalistik dan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di Madrasah Tsanawiyah Sunan Bonang desa Sendang Mulyo Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang Jawa Tengah, 27- 29 Juni 2015.

Acara yang dibuka dengan materi tentang Aswaja dan ke-NU-an itu dimulai pada Sabtu (27/6) pagi. Materi ini berisi tentang dalil-dalil rujukan Aswaja, prinsip Islam menurut Aswaja, sejarah kelahiran NU, makna filosofis NU, dan tentang tinjauan organisasi NU.

Selaku PC IPNU Lasem, M Syaiful Anam menuturkan, pihaknya memang menyiapkan materi-materi khusus tentang ke-NU-an dan jurnalistik, termasuk menyiapkan para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya.

Kegiatan pengkaderan dan pelatihan jurnalistik ini diselenggarakan dalam rangkaian acara “Gebyar Ramadan Tahun 2015”. “Dalam acara kali ini, kami mengambil tema ‘Berpikir Kritis Menjadi Kader Kreatif dan Berkualitas’. Kami berharap bibit-bibit unggul kader muda NU ini akan lebih bisa menunjukkan kreatifitas dan kualitasnya,” jelas Anam.

Turut hadir menjadi narasumber dalam acara ini, M Aan Ainun Najib wartawan Muria Expose dan Ilyas Al Musthofa dari Suara Merdeka yang memberikan materi tentang jurnalistik. Sedangkan tentang Aswaja dan ke-NU-an oleh H Ma’sum (MWC NU Sarang), dan materi tentang kepemimpinan disampaikan oleh Dhuha Aniqul Wafa.

Lebih lanjut, Anam menuturkan, pihaknya akan lebih memanfaatkan pelatihan-pelatihan semacam ini, sehingga para kader muda NU ini akan lebih terpacu dan tergali potensi-potensi yang ada pada mereka.

“Kami akan melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik ini secara keberlanjutan, mungkin dua bulan sekali, atau bahkan satu bulan sekali”, tutup Anam. (Red: Mahbib)

 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: