Malam Ini, Puncak Haul dan Pemberian KH A Wahab Chasbullah Award

Jombang, Puncak peringatan haul ke-44 almaghfurlah KH Abdul Wahab Chasbullah akan berlangsung malam ini di halaman utama Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Jawa Timur. Yang istimewa, ada tiga tokoh yang akan menerima penghargaan atas prestasi dan dedikasinya kepada Nahdlatul Ulama (NU).

“Rangkaian acara haul kali ini seperti tradisi haul sebelumnya adalah diawali dengan penampilan grup Ikatan Seni Hadrah Indonesia atau Ishari,” kata Panitia Haul, Lailatun Ni’mah, Rabu (26/8).

Ni’mah mengemukakan, bahwa antara Mbah Wahab, sapaan KH Abdul Wahab Chasbullah dengan Ishari seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. “Karena sejak awal, Mbah Wahab lah yang memperjuangkan keberadaan Ishari ini,” kata cucu Mbah Wahab ini. Karena itu, lanjut Pengurus PC Fatayat NU Jombang ini, setiap acara haul, sehari sebelum acara puncak ditampilkan sejumlah grup Ishari dari berbagai kota di Jawa Timur.

Untuk acara puncak, yakni Rabu (26/8) malam akan dihadiri Menteri Agama RI, H Lukman Hakim Saifuddin. “Beliau akan menyampaikan pidato pengarahan sekaligus menerima penghargaan berupa KH Abdul Wahab Chasbullah Award,” terangnya.

Tidak hanya H Lukman Hakim Saifuddin yang akan menerima penghargaan tersebut. “Ada juga H Choirul Anam yang telah menulis buku tentang Mbah Wahab,” ungkapnya. Dipilihnya Cak Anam, sapaan akrabnya karena disamping memiliki kepedulian terhadap penulisan biografi Mbah Wahab, juga karena konsistensinya dalam berkiprah di media.

H As’ad Said Ali juga akan menerima penghargaan KH Abdul Wahab Chasbullah Award. Sikap tegas mantan Wakil Ketua Umum PBNU ini untuk terus aktif memerangi terorisme telah diakui banyak kalangan. “Bahkan Universitas Diponegoro Undip Semarang menganugerahinya gelar Doktor Honoris Causa di bidang hukum kepadanya,” tandas Ning Eli. 

“Jadi, untuk haul kali ini yang menerima penghargaan adalah tiga orang yakni H Lukman Hakim Saifuddin, H Choirul Anam, serta H As’ad Said Ali,” terangnya.

Untuk ceramah agama akan disampaikan oleh dua kiai kenamaan yakni KH Husein Ilyas dan Habib Abu Bakar Hasan Assegaf.

Kegiatan haul ini bersifat terbuka bagi masyarakat umum, alumni, dan warga NU. Acara resepsi haul akan dimulai usai shalat Isya. “Silakan hadir di halaman utama Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas,” pungkasnya. (Syaifullah/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)