Menpora dan Gubernur Jateng Hadiri Pembukaan Porsema IX Kebumen

Kebumen, PC LP Ma’arif NU Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Pekan Olah Raga dan Seni (Porsema) IX dan Olimpiade Sains dan Ke-NU-an (OSK) 2015 Tingkat Jawa Tengah (Jateng) yang berlangsung mulai tanggal 29-31 Mei 2015 di 4 lokasi yaitu di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, SMK Ma’arif 1 Kebumen, SMK Ma’arif 4 Kebumen dan Alun-alun Kebumen.

Kegiatan bertemakan ‘Spirit Aswaja’ yang dilakukan tiap 2 tahun ini diikuti oleh siswa MI-MTs-MA/SMK Ma’arif NU se-Jawa Tengah dan dibuka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) H Imam Nahrawi, SAg, Jum’at (29/5) siang pukul 14.00 WIB.

Dalam sambutannya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini benar-benar dapat menjadi ajang silaturrahmi bagi warga Jateng, khususnya warga Nahdliyin. Selain itu, ajang tersebut diharapkan mampu mencari bibit-bibit potensial yang dapat diandalkan di tingkat nasional nantinya untuk mewakili Jateng.

Ganjar juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, Pemda Kabupaten Kebumen dan Pengurus Cabang Ma’arif NU Kabupaten Kebumen yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan tersebut, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi saat melepaskan rombongan kontingen dalam karnaval yang diarak dari Alun-alun kota Kebumen ke Kampus IAINU Kebumen menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan integritas para peserta Porsema. Juga meningkatkan tali silaturrahmi antar-sekolah yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan yang diikuti oleh hampir 5000 peserta dari 30 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah tersebut berlangsung sangat meriah. 

Adapun Cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri atas, bola voli, lari sprint 100 meter, tenis meja beregu, bulu tangkis, pencak silat seni Pagar Nusa. Sedangkan cabang seni terdiri atas Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Cerdas Cermat Aswaja, kaligrafi, puisi beregu, debat Bahasa Inggris, Arab dan Indonesia, Pidato Bahasa Jawa, dan reportase kegiatan. Untuk bidang sains meliputi olimpiade biologi, fisika, kimia, matematika dan IPA serta LKIR dan ke-NU-an. (Bahrun/Fathoni) 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: