Menpora: LSN Tahun Depan Ikut Sertakan 1500 Pesantren

Sidoarjo, NU Online
Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Imam Nahrawi akan mengadakan Liga Santri Nusantara (LSN) yang lebih besar lagi di tahun yang akan datang. Hal itu dilakukan karena potensi pondok pesantren berkembang pesat dan tidak kalah dari kalangan lain.

Nahrawi menegaskan bahwa Liga Santri Nusantara ini merupakan tahapan baru bagi pelaksanaan sepakbola Indonesia terutama di lingkungan pondok pesantren. Dengan adanya LSN ini, pesantren diharapkan dapat memberikan output pada dunia olahraga.

Ke depan, pihaknya akan mengadakan LSN yang lebih banyak lagi. “Tahun 2016 akan kami kembangkan lagi menjadi 1000 sampai 1500 pesantren. Sementara ini hanya diikuti sekitar 200 pondok pesantren. Ini bukan hal yang menakjubkan, tetapi di dunia olahraga pondok pesantren juga mempunyai kemampuan dan tekat sama dengan yang lain,” kata Imam Nahrawi di stadion Gelora Delta Sidoarjo, Ahad (6/12).

Juara pertama pada LSN tahun ini, lanjut dia, akan diuji coba pada kompetisi atau turnamen di level umur yang sama untuk melihat sejauh mana kemampuan para santri. “Ke depan, pondok pesantren harus mempunyai pelatih dan harus kerja sama dengan PSSI, Dispora setempat,” ucap Nahrawi.

Dengan ditetapkannya Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2015 lalu oleh Presiden Joko Widodo, belum tentu akan menjadi gol kalau tidak ada dukungan dari masyarakat Jawa Timur. “Tidak bisa gol kalau tidak ada dorongan yang kuat dari kita semua. Ini bentuk hikmah dan kebijakan akan memberikan peluang bagi santri di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.(Moh Kholidun/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)