Mensos Ingatkan agar Sedekah Diberikan ke Lazis

Jakarta, NU Online
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan agar sedekah jangan diberikan di jalanan tapi sebaiknya disalurkan ke lembaga amil, zakat dan sedekah (Lazis).

“Sedekah dan infaq sebaiknya disalurkan lewat lembaga amil zakat jangan di jalan karena akan menyuburkan pengemis musiman,” kata Mensos disela-sela buka puasa bersama dengan media massa di Jakarta, Rabu.

Pengemis musiman semakin meningkat saat Ramadhan terutama dari daerah ke kota-kota besar, memanfaatkan kesempatan dari tingginya minat umat muslim untuk beramal.

Menurut Mensos, pengemis ada dua kategori. Pertama, ada yang memang karena membutuhkan dan ada juga yang aji mumpung.

“Dalam Islam sebenarnya sudah jelas bahwa lebih mulia tangan di atas dari pada tangan di bawah,” katanya.

Dia menyebutkan, sebanyak 5.000 pendatang baru saat Ramadhan ke Jakarta sudah teridentifikasi yaitu dari seluruh Jawa dan Lampung.

“Jadi pemasoknya bukan dari daerah baru. Di suatu daerah pengemis itu sudah menjadi suatu pekerjaan. Walaupun pendidikan tinggi bahkan sampai sarjana tapi dia malah menjadi bosnya pengemis,” tambah Mensos.

Karena itu, yang harus diubah adalah pola pikir manusianya agar tidak lagi menjadikan pengemis sebagai profesi karena juga akan mengganggu ketertiban umum. (Antara/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: