Menurut Imam Suyuthi RA, Kanjeng Nabi Punya Lebih dari 1000 Julukan Nama

Banyaknya nama julukan baik yang dimiliki seseorang menunjukkan keistimewaan dan kemuliaan orang tersebut. Begitu anggapan yang beredar di kalangan bangsa Arab pada masa dulu. Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang lahir dan tumbuh di tengah kebudayaan Arab juga memiliki banyak sebutan dan nama tersebut.

Sebagian ulama menyebutkan, nama julukan baik yang dimiliki Rasulullah sejumlah Asmaul Husna, yaitu 99 buah. Ibn Dihyah RA menaksir nama-nama tersebut sebanyak 300 buah. Ulama lainnya, lainnya seperti Abu Bakar ibn al-Arabi RA memprediksi, total nama Rasulullah menembus 1.000 nama. Keseluruhan nama itu antara lain tercantum di Alquran dan hadis-hadis yang tersebar di kitab-kitab referensi utama.

Salah satu ulama yang menghimpun dan meneliti kemungkinan banyaknya nama-nama kanjeng nabi itu salah satunya Jalaluddin As-Suyuthi (849-911 H). Melalui karya bertajuk Nahjus Sawiyyah fi Asmaun Nabawiyyah. Ulama yang bernama lengkap Abdur Rahman bin Abu Bakar bin Muhammad bin Sabiq al-Khudhari As-Suyuthi tersebut, menginventarisasi nama-nama, sifat, dan gelar yang disematkan untuk Rasulullah, baik yang ada di Alquran maupun hadis dalam kitab Nahjus Sawiyyah tersebut.

Kitab Nahjus Sawiyah fi Asmaun Nabawiyah adalah ringkasan dari karya Imam Suyuthi RA sebelumnya yaitu, Riyadhul Aniqah fi Asma’ Khairul Khaliqah. Pada kitab tersebut, Imam Suyuthi RA berhasil mengumpulkan sebanyak 455 nama dan sifat. Ia menyertakan landasan dalil di tiap nama ataupun sifat yang ia sebutkan. Rujukan nama itu ada yang berasal dari Alquran, hadis, syair-syair, dan perkataan para sahabat. Agar memudah kan pembacanya, nama-nama itu disusun berdasarkan urut an huruf hijaiah.

Contohnya untuk nama “Muhammad” sendiri, Imam Suyuthi RA mencatat setidaknya nama keren ini dituliskan dalam AlQuran pada surah Ali Imran ayat 144, surah al-Ahzaab ayat 40, dan al-Fath ayat 29. Selain itu, nama itu sendiri juga dituliskan dalam beberapa hadist shahih yang diriwayatkan banyak para sahabat kanjeng Nabi.

Allohumma sholli ala Muhammad!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: