Merah Putih Makam Gus Dur

Jombang, NU Online
Hari Kemerdekaan identik dengan pengibaran Bendera Merah Putih. Pada Peringatan HUT Ke-70 RI, ada hal yang menarik di area makam Presiden Ke-4 RI KH Abdurraman Wahid alias Gus Dur. Di hari kemerdekaan 17 Agustus 2015, makam yang tidak pernah sepi dari peziarah ini juga bertabur bunga tertata rapi dengan warna merah dan putih.

Tak ayal, merah putih di makam tokoh ini menjadi perhatian para peziarah yang datang dari berbagai daerah. Mereka langsung mengambil gambar usai pembacaan tahlil dan doa.

“Yang merah putih ini yang makamnya Gus Dur, dan sebelahnya itu makam KH Hasyim Asyari kakek beliau,” ujar salah satu peziarah kepada rombongannya, Sabtu (17/8) malam.

Pantauan NU Online, di malam Kemerdekaan 17 Agustus peziarah makam Gus Dur terlihat masih cukup banyak. Mereka datang dari beberapa daerah. Puluhan rombongan dengan kendaraan bus hingga menjelang pagi masih tampak berdatangan. Di antaranya rombongan Kepanjen Malang, Surabaya, dan Sidoarjo.

“Kita rommbongan dari Surabaya,” Abdullah menuturkan.

Tidak hanya rombongan dari luar daerah, yang melakukan ziarah di makam mantan Ketua Umum PBNU dan juga makam pendiri NU, KH Hasyim Asyari, beberapa peziarah tampak datang dari kota santri sendiri.

“Saya sering ke sini, kebetulan juga rumah saya dekat Jombang sini saja,” ujar Aries peziarah asal Mojosongo Jombang saat ditemui di lokasi. (Muslim Abdurrahman/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)