MIN I Malang Juara Festival dan Lomba Robot

Jakarta, NU Online
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Malang meraih juara I pada Festival dan Lomba Robotik Madrasah Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag RI di Cilandak Town Square. Tim MIN I Malang ini terdiri dari Hilmi Maulana Hibatullah dan Bhismar Abror Indra Pratama.

Penghargaan diberikan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin pada malam penutupan festival robotik. Dalam sambutannya, Kamaruddin mengatakan bahwa anak-anak madrasah sudah membuktikan bahwa tidak hanya pintar mengaji, tetapi juga bisa dan terampil dalam hal robotika. 

“Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan akan memantik agar siswa-siswi madrasah terus meningkatkan prestasinya di bidang robotika,” terangnya disambut tepuk tangan, Jakarta, Senin (23/11) malam seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.

Sebelumnya, Direktur Pendidikan Madrasah,  M. Nur Kholis Setiawan selaku penyelenggara melaporkan bahwa perlombaan ini diikuti oleh 7 tim MI, 14 tim MTs, dan 22 tim MA. 

“Padahal awalnya kami petakan dan quotakan bahwa MI 10 tim, MTs, 12 tim dan MA 15 tim. MA yang paling banyak meledak. Melihat kondisi seperti ini, Festival dan Lomba Robotik harus diadakan setiap tahun,” ungkapnya.

Menurut M. Nur Kholis, kegiatan ini diselenggarakan dengan pertimbangan sudah banyak kompetisi robotika tingkat nasional maupun Internasional yang diikuti oleh para pelajar dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain itu, robotika juga telah menjadi trend di banyak sekolah unggulan di Indonesia. Namun masih banyak sekolah yang belum memiliki laboratorium robotika atau bahkan belum mengenal teknologi robotika.

“Ke depan, diprediksikan manusia akan semakin bergantung pada teknologi robot dan otomasi. Karenanya para pelajar perlu diperkenalkan dan diajari tentang teknologi robotika sejak dini,” kata M. Nur Kholis.

“Telah banyak pelajar Indonesia yang berprestasi dengan memenangkan berbagai kompetisi robot baik tingkat nasional maupun Internasional,” tambahnya.

Juara dua tingkat MI diraih oleh Ramadhan dan Asyam Sakhi Maulana  dari MIN Demangan Kota Madiun, Jawa Timur. Sedangkan juara III diraih Siti Aisyah Kusuma Hadi dan Abiy Haidah Hakim dari MI Assalamah Pamulang, Banten.

Untuk tingkat MTs, juara I diraih Faisal Ibrahim Abussalam dan Zidan Wahyu Awaluddin dari MTs Tigaraksa Tangerang-Banten. Juara II diraih Angga Tri Setia dan Sultan Farrel Khansa dari MTsN 2 Kota Kediri. Sedangkan juara III diraih Muhammad Hilmy Raihan Azhari dan bizard Rahardiyanto Wahyudi dari MTsN Yogyakarta.

Untuk tingkat MA, juara I diraih Qisti Aulia dan Gipar Nawawi dari MAN Pangandaran Jawa Barat. Juara II diraih Arjun Mahendra dan Muhammad Ulil Azmi dari MAN 3 Jakarta. Sedangkan juara III diraih Putri Regina W dan M. Rafi Prasetyo dari MAN 3 Palembang.

Atas prestasi ini, masing-masing tim memperoleh piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Direktorat Pendidikan Madrasah. Red: Mukafi Niam

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: