Muktamar, TNI Siap Dirikan Dapur Umum dan Sediakan Dokter

Jombang, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko mengatakan siap mendirikan dapur umum untuk membantu suksesnya pelaksanaan Muktamar ke-33 NU yang bakal digelar 1-5 Agustus di Jombang. Bahkan jika diminta, TNI juga menyiapkan Dokter dan Ambulan jika dibutuhkan.

“Sesuai permintaan pak Wagub Gus Ipul, kami TNI siap membantu mendirikan dapur umum untuk kesuksesan Muktamar NU di Jombang,” ujar Pangdam, Senin (22/6) usai meninjau empat pesantren di Jombang yang bakal digunakan sebagai lokasi Muktamar bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Irjen Pol Anas Yusuf serta Ketua PWNU Jatim, KH Mutawakkil Alallah.

Dikatakannya, tidak hanya soal dapur umum untuk peserta dan tamu Muktamar selama 5 hari. Bahkan, pihak TNI juga siap memberikan bantuan medis jika diperlukan untuk kesuksesan kegiatan Muktamar NU. “Kita juga siap dokter, ambulan kalau diminta membantu NU. Karena NU selalau bersama TNI membangun bangsa,” ujarnya menambahkan.

Terkait dapur umum sesuai permintaan panitia muktamar, TNI, dikatakan Mayjen Eko, kemungkinan akan didirikan di markas Kodim 0814 Jombang. Dapur umum ini, dikatakannya, dalam sehari bisa menyiapkan 5 ribu nasi bungkus. 

“Kami sudah kordinasi dengan Korem guna menyiapkan dapur umum. Jangankan 5 ribu nasi bungkus, 10 ribu nasi bungkus per hari kita siap. Seperti Pak Kapolda, kami dari Kodam juga siap menyukseskan muktamar NU,” jelasnya dihadapan Pengurus PWNU Jatim, KH Miftahul Akhyar, dan KH Mutawakkil Alallah serta jajaran Muspida kabupaten Jombang yang hadir dalam pemaparan persiapan muktamar di Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar dan dipimpin secara langsung oleh Wagub Saifullah Yusuf yang juga ketua Panda (Panitia Daerah). 

Sementara itu, Gus Ipul memaparkan bahwa persiapan panitia untuk setiap seksi atau bidang, mulai dari bidang keamanan, kesehatan, akomodasi, hingga konsumsi sudah hampir 90 persen. 

“Dari pengecekan yang kita lakukan hari ini, persiapan sudah mencapai 90 persen. Evaluasi dan pembenahan terus kita lakukan mengingat waktu yang semakin dekat. Makanya, sore ini Pak Kapolda, Pak Pangdam, dan Pak Gubernur kita ajak meninjau lokasi,” ujar mantan Ketua PP GP Ansor ini menyampaikan. (Muslim Abdurrahman/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: