Muncul Tiga Kandidat, KH Said Aqil Siap Maju Lagi

Jombang, Tiga kandidat ketua umum PBNU bakal mewarnai Muktamar ke-33 NU yang bakal digelar di Jombang, 1-5 Agustus 2015. Mereka adalah KH Said Aqil Siroj ketua umum sekarang, KH Salahudin Wahid pengasuh pesantren Tebuireng dan dan KH As’ad Ali Wakil Ketua Umum PBNU 2010-2015.

Demikian disampaikan Ketua PBNU yang juga Ketua SC Muktamar KH Slamet Effendy Yusuf saat meninjau lokasi peserta muktamar di Pesantren tebuireng Jombang, Senin (13/7) kemarin bersama ketua umum dan beberapa pengurus lainnya.

“Kalau saya sudah tiak ingin maju lagi, saya kira saya sudah tualah, cukup satu kali saja saat di Makasar dulu. Saya bertugas menyiapkan konsep atau materi Muktamar ke-33 NU,”ujarnya.

“Hingga saat ini saya kira belum bisa dipetakan kekuatannya. Karena ketiga kandidat masih melakukan pendekatan ke daerah daerah,”tandasnya.

Sementara itu, KH Said Aqil Siroj dalam waktu yang sama telah menyatakan kesiapannya untuk maju dan memimpin NU lima tahun ke depan.

“ Ya kalau masih dipercaya saya siap, kalau sudah cukup satu kali saja, ya Alhamdulillah, semuanya Alhamdulillah,” tuturnya menjawab wartawan. “Terpilih lagi ya Alhamdulillah, tidak terpilih juga tidak apa apa,” katanya lagi.

Menurut Kiai Said, saat menjadi pengurus ketua PBNU dirinya tidak mencari materi atau jabatan. “Namanya jadi ketua NU  secara duniawi tidak ada yang dicari. Apalagi berharap menjadi kaya raya tidak lah,”tandasnya.

Dalam kunjungannya ke kota Jombang, selain meninjau empat pesantren yang menjadi lokasi muktamar. KH Said Aqil juga melakukan ziarah ke makam pendiri NU. Dari Pantauan NU Online, ia tampak melakukan doa di makam KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur di Tebuireng, makam KH Romly pendiri pesantren Darul Ulum Rejoso. Serta makam KH Bisri Sansuri di Denanyar.

“Saya datang bersama rombongan untuk melihat langsung kesiapan pesantren yang menjadi tempat atau lokasi Muktamar nanti. Dan saya kita semuanya sudah siap,” tandasnya.

Ketua PBNU yang juga Ketua OC Muktamar ke-33 NU H Imam Azis juga melaksanakan ziarah bersama ketua panitia daerah (panda) H Saifullah Yusuf, Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar dan ketua DPW PKB Halim Iskandar serta Ketua PCNU Jombang KH Isrofil Amar. (Muslim Abdurrahman/Anam)

Foto KH SAid Aqil Siroj saat berada di kediaman KH Salahuddin Wahiid di Tebuireng.

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: