Musibah Hercules Pelajaran bagi Pemudik Lebaran

Sidoarjo, NU Online 
Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H Sulamul Hadi Nurmawan meminta kepada pemerintah dan para maskapai untuk melakukan evaluasi atas musibah jatuhnya pesawat Hecules di Medan beberapa pekan lalu.

Menurutnya, hal itu merupakan pelajaran bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya masing-masing dengan berbagai alat transportasi. 

“Bagi pemudik supaya mengikuti dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Terlebih kepada para maskapai, PO-PO bus dan sebagainya. Mohon dengan sangat untuk mengecek ulang kondisi kendaraannya, baik rem dan sebagainya,” tegasnya, Sabtu (4/7).

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua PW IPNU Jatim ini mengatakan, dengan kejadian Hercules itu bisa dipantau lagi agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. 

Dirinya juga tidak bisa menjustifikasi apakah musibah itu karena kesalahan sistem atau apa. Akan tetapi bisa dijadikan pelajaran atau evaluasi bahwa perlu pembenahan semua lini. Baik angkutan darat, udara maupun laut.

“Kami ikut berbela sungkawa terhadap para korban. Untuk itu bagi masyarakat yang akan mudik, supaya berhati-hati sehingga bisa selamat sampai tujuan dan tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” katanya mengimbau.

Gus Wawan juga mengutip apa yang telah disampaikan Gus Dur pada waktu menjadi presiden. Ada 4 hal yang wajib dilakukan pemerintah dan belum selesai di Indonesia. Di antaranya kesehatan, keamanan, pendidikan dan transformasi.

“Keempat Itu harus dinimkati oleh seluruh masyarakat Indonesia sacara maksimal,” tutupnya. (Moh Kholidun/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: