Musibah Mina, ini Masukan PBNU ke Arab Saudi

Jakarta, NU Online
Sekretaris Jenderal PBNU H Helmy Faishal Zaini mengatakan, PBNU akan memberikan masukan kepada Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan pengawasan jumlah kuota jamaah haji. Jumlah  jamaah harus diukur dengan kapasitas dan kemampuan pelayanan fasilitas di Armina.

Kemudian, kata dia, sebagaimana dihubungi NU Online Kamis malam (24/9), PBNU akan meminta pemerintah Arab Saudi untuk lebih profesional menangani haji, mulai sumber daya manusia (SDM), imigrasi, pelayanan di masjid, sampai polisi pengatur lalu-lintas.

PBNU, sambung dia, juga akan meminta pemerintah Aarab Saudi untuk terus mencari pola pelayanan ibadah haji yang lebih baik dengan mengajak negara yang memiliki jumlah jamaah besar.

“Allah SWT telah memilih para syuhada yang meninggal di Mina maupun di Mekah. Kita turut berduka dan berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” pungkasnya.

Musibah terjadi pada akhir pelaksanaan ibadah haji di Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9). Akibat berdesak-desakan, sejumlah jemaah haji menjadi korban. Jumlah yang wafat dikabarkan 310 orang, sementara 450 lainnya mengalami luka-luka. (Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: