Musimat NU Pringsewu Salurkan “Koin Surga” Sebesar Rp. 93,5 Juta

Pringsewu, NU Online
Tabungan “Koin Surga” 2015 berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 93.545.000. Tabungan berbahan bambu itu telah disebarkan selama satu tahun yang kemudian dibuka pada peringatan harlah ke-69 Muslimat NU di Lapangan Dirgahayu kecamatan Sukoharjo, Pringsewu. Dana ini didistribusikan untuk santunan dhu’afa, lansia, anak-anak yatim piatu, khitanan massal, donor darah.

Penggagas tabungan ini Dra Hj Ani Fitriani Sobri menyatakan bahwa pihaknya sudah setiap tahun menyebar tabuhan tersebut ke seluruh anak cabang, ranting, dan majelis taklim di seluruh titik di kabupaten Pringsewu.

Hj Ani Fitriani Sobri yang tidak lain adalah Ketua Muslimat NU Pringsewu mengatakan bahwa awalnya tabungan Koin Surga itu dibuat sebanyak 3000 buah. Tabungan ini dibuka untuk menghitung hasilnya setiap satu semester.

“Namun sekarang sudah lebih dari 3000an tabungan dibuat setiap tahunnya dan dibuka bersamaan dengan kegiatan Harlah Muslimat NU. Meningkatnya jumlah tabungan didasarkan atas permintaan dan animo yang tinggi dari majelis-majelis taklim yang ada,” kata Hj Ani.

Tabungan Koin Surga berawal dari keinginan Muslimat NU Pringsewu untuk saling peduli dan berbagi kepada sesama muslim yang membutuhkan uluran tangan di Pringsewu.

Berangkat dari keinginan mewujudkan program-programnya, Muslimat NU Pringsewu lalu meluncurkan program Koin Surga ini untuk pertama kalinya pada peringatan harlah ke-66 Muslimat-NU di pesantren YASMIDA Ambarawa, Pringsewu pada 2012.

Peluncuran perdana waktu itu dilakukan secara simbolis dengan memasukkan koin ke dalam tabungan bambu oleh Bupati Pringsewu KH Sujadi yang juga Mustasyar PCNU Pringsewu.

Tidak tanpa alasan membuat media tabungan yang terbuat dari bambu tersebut. Hal ini didasarkan kepada arti yang terkandung dari nama Pringsewu yang berasal dari bahasa Jawa “Pring” yang berarti bambu dan “Sewu ” yang berarti seribu. (M Faizin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: