MWCNU Cipaku Gelar Diklat Hisab dan Rukyat

Jakarta, NU Online
Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cipaku kabupaten Ciamis memberikan pembekalan bagi warga NU perihal cara menghitung waktu sholat, arah kiblat, menghitung waktu gerhana matahari dan bulan, dan penanggalan kalender Hijriyah dan Masehi. Selama Sabtu-Ahad (13-14/6), pihak panitia mengajak para peserta untuk memperkuat pemahaman falakiyah.

Ketua PCNU Ciamis KH Agus Abdul Kholik Siroj membuka secara resmi kegiatan tersebut. “Kami mengapresiasi pelatihan ini. Kami ingin pelajar, pemuda dan pemudi NU yang mengikuti kegiatan ini terus mengasah dan meningkatkan kemampuan di bidang falak sebagai modal dasar generasi penerus kami khususnya di Lajnah Falakiyah NU,” sambut Kiai Agus.

Kegiatan ini berlangsung di pesantren Darul Hikam, Cipaku, kabupaten Ciamis. Tampak hadir sebagai peserta kader GP Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU dan santri pesantren sekecamatan Cipaku.

“Dengan pelatihan ini, diharapkan kader-kader NU memahami tentang hal yang berkenaan dengan dunia falakiyah dan perhitungannya baik secara manual maupun modern,” kata Ketua MWCNU Cipaku Kiai Tatang Nawawi.

Hisab Rukyat merupakan cabang ilmu yang sangat populer di masyarakat terutama ketika menentukan awal Ramadhan dan awal Syawwal. Dengan letak geografis kabupaten Ciamis yang tidak memungkinkan untuk melihat hilal, maka metode hisab rukyat dan keputusan pemerintah menjadi pegangan masyarakat NU Ciamis.

“Semoga dengan mengikuti pelatihan ini, Kader IPNU-IPPNU Ciamis semakin mapan dalam keilmuan dan dapat memahami perbedaan pendapat yang kita ketahui ketika pelaksanaan sidang itsbat di tahun-tahun lalu di televisi,” kata Ketua IPNU Ciamis Yusep Ahmad (Red Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: