Ngabuburit, Alumni Manba’ul Ulum Praya Barat Tadarus Aswaja

Lombok Tengah, NU Online
Dalam rangka mengisi waktu jelang berbuka, para pengurus Ikatan Alumni Manba’ul Ulum (IKAMU) menggelar pengajian Ahlussunnah Wal Jamaah di Kabul, Praya Barat Daya, kabupaten Lombok Tengah Jum’at (3/7). Pengajian yang diikuti oleh puluhan santri dan alumninya ini, diadakan untuk mensyiarkan kembali paham Aswaja.

Koordinator Departemen Kajian Keislaman IKAMU Ahmad Rozi Fahmi mengatakan, upaya sosialisasi nilai-nilai Aswaja adalah tanggung jawab bersama. “Setiap organisasi yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah di negeri ini harus memberikan kontribusi dalam upaya penyelamatan pelajar dari ancaman degradasi pengetahuan tentang Aswaja,” kata Rozi.

Saat ini, menurutnya, kajian di bidang Aswaja sudah mulai kendur. Baginya hal ini cukup memprihatinkan apalagi didominasi oleh generasi muda. Karena itulah, ia bersama rekan-rekannnya di IKAMU terus berupaya menyelenggarakan kajian Aswaja dalam rangka mencegah degradasi pengetahuan Aswaja.
Rozi mengingatkan pada peserta tadarus agar momen bulan Ramadhan ini dijadikan titik tolak untuk memaksimalkan peran generasi muda dalam meningkatkan pemahaman Aswaja.

“Kita tahu bahwa saat ini pemahaman tentang Aswaja sangat kurang, bahkan di kalangan pelajar,” pungkas Rozi.

Khairusyaddad, salah satu santri tampak senang mengikuti tadarus Aswaja. Ia berharap acara ini semakin diintensifkan di madrasah dengan cara menggabungkannya ke dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ini tetap ramai diikuti santri meskipun diselenggarakan oleh organisasi santri intra madrasah (OSIM). (Shaiful Fahmi/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)