NU Pringsewu Bahas Pembentukan BMT NU Sejahtera

Pringsewu, Mengambil tempat di Aula Kantor NU Kabupaten Pringsewu, PCNU mendapat kunjungan kerja dari Tim BMT NU Sejahtera Semarang, Sabtu (22/8). Selain dihadiri seluruh pengurus NU Pringsewu, hadir juga beberapa Pengurus PCNU dari beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung Seperti Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Tanggamus.

Dalam pertemuan tersebut didiskusikan tentang peluang untuk membuat Lembaga Perekonomian Keuangan, yakni BMT NU yang akan dikelola oleh PCNU di Kabupaten Pringsewu dan beberapa Kabupaten di Provinsi Lampung. Menurut Ketua Tanfidziyyah PCNU Pringsewu, H Taufiqurrohim, MPdI, sudah saatnya NU lebih fokus untuk memperhatikan bidang ekonomi. Hal ini dikarenakan potensi yang sangat luar biasa baik dari segi SDM maupun jaringan yang dimiliki.

“Perekonomian Warga NU harus dikelola semaksimal mungkin demi kemakmuran warga sepeti contoh tabungan Qurban, Ziarah Wali Songo, Umroh, dan Haji merupakan salah satu sumber dana yang bisa dikelola,” jelasnya.

Taufiq menyampaikan juga bahwa sesuai dengan AD ART, NU bukanlah Lembaga yang bersifat Profit Oriented atau berorientasi keuntungan. Namun NU tetap harus memiliki wadah perekonomian seperti BMT untuk mengelola dana yang ada di warga NU.

“Kesempatan kunjungan ini sangat potensial sekali dan perlu ditindak lanjuti secara lebih serius dengan cara jalinan kerjasama yang saling menguntungkan. Mudah mudahan diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga benar benar dapat terealisasi,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama BMT NU Sejahtera Semarang, Muhtarom menjelaskan bahwa saat ini BMT NU Sejahtera Semarang telah tersebar di berbagai kota di Provinsi Jawa Tengah dengan 26 Kantor Cabang yang telah didirikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BMT NU Sejahtera yang merupakan kepanjangan tangan dari LPNU (Lembaga Perekonomian NU) ini sudah menggunakan System Online dan sudah dapat melayani Transfer Bank. Dengan menggunakan layanan E-Banking para nasabah dapat melakukan transfer baik dalam maupun luar negeri.

Dengan potensi perekonomian yang sangat baik serta kondusifitas keamanan di Kabupaten Pringsewu, BMT NU Sejahtera merencanakan mengadakan MoU dengan PCNU Pringsewu melalui Lembaga Perekonomian NU Kabupaten Pringsewu untuk mendirikan BMT NU Sejahtera di Kabupaten Pringsewu. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)