NU Pringsewu Himbau Orang Tua Selektif Pilih Lembaga Pendidikan

Pringsewu, Ketua Tanfidziyyah PCNU Kabupaten Pringsewu, H Taufiqurrohim, MPd mengajak kepada para orang tua yang sebentar lagi mendaftarkan putra-putrinya untuk lebih selektif dalam memilih lembaga pendidikan bagi mereka. Hal ini disampaikannya disela sela Dialog dan Bedah Buku Manajemen Ramadhan di Kecamatan Banyumas, Pringsewu, Kamis (2/7).

Lembaga pendidikan baik berupa Sekolah, madrasah, dan Pondok Pesantren sekarang banyak sekali muncul dengan berbagai fasilitas dan kurikulum yang ditawarkan. “Jangan sampai tertarik dengan fasilitas, tetapi kita tidak meneliti kurikulum dan ajaran yang diberikan,” terangnya.

Menurutnya, di era sekarang sudah banyak aliran dan paham baru yang menyusup ke dalam lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta. Aliran ini cenderung menggerus aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah. “Bentengi keluarga, jamaah, masyarakat dari rongrongan pemahaman yang eksklusif dan radikal,” tegasnya.

Taufik menambahkan, bahwa aliran dan paham yang muncul sekarang ini sangat lihai memasukkan pemahaman mereka ke dalam lembaga dengan sasaran para pelajar dan mahasiswa. Mereka membentuk kelompok-kelompok kajian dan diskusi keislaman. 

“Hal ini sebenarnya forum yang baik namun sayangnya diisi dengan pemahaman yang cenderung eksklusif, lebih mengedepankan penalaran dengan para narasumber yang belum paham betul masalah Islam,” katanya.

Dengan kondisi seperti ini, jangan sampai para orang tua kaget dan kecewa karena putra-putrinya memiliki pemahaman lain ketika lulus pendidikan dikarenakan orang tuanya tidak tepat memilih lembaga pendidikan. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Taufiq menekankan kepada para orang tua untuk mengedepankan kewaspadaan kepada kurikulum dan paham yang diajarkan daripada fasilitas yang ditawarkan. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: