NU Pringsewu Latih Pengurus Ukur Arah Qiblat

Pringsewu,
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu membuka kelas falakiyah untuk pengurus cabang, wakil cabang, hingga ranting di Gedung PCNU, Ahad (6/12). Dalam pelatihan ini mereka mempelajari penghitungan arah qiblat dan teknik pengukurannya.

Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Lampung Said Jamhari mengatakan, pelatihan ini sangat penting. karena menghadap qiblat adalah salah satu syarat sah sholat. Umat Islam yang berada di Masjidil Haram atau sekitarnya tidak menemukan kesulitan untuk menghadap Ka’bah.

“Namun mereka yang berada jauh di luar kota Makkah khususnya umat Islam Indonesia menghadapi banyak kendala yang harus dicarikan solusinya. Menghadap qiblat tentunya memerlukan ijtihad agar sesuai dengan syarat sehingga ibadah dapat diterima,” kata Said di depan peserta pelatihan Hisab Arah Qiblat dan Teknik Pengukurannya.

Kegiatan ini direspon positif oleh Katib Syuriyah PCNU Pringsewu Ustadz Munawir ketika ditemui di sela sela kegiatan. “Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pencerahan kepada seluruh warga NU akan pentingnya memerhatikan syarat sah ibadah sehingga ibadah tidak akan sia-sia,” ungkap Munawir.

Karena itu Munawir berharap seluruh peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini akan menjadi pioner untuk menyampaikan teori dan praktik yang sudah didapat dari pelatihan tersebut kepada seluruh warga. (Muhammad Faizin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)