Pasar Rakyat NU Pacitan Pamerkan Produk Lokal

Pacitan,
Untuk pertama kalinya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pacitan menggelar “Bazar Ekonomi Kerakyatan Warga Nahdliyin” dan konsolidasi organisasi. Di alun-alun Pacitan, pemotongan pita menandai pembukaan pasar rakyat  yang menampilkan banyak produk lokal.

Pasar rakyat dibuka oleh Ketua MUI Pacitan yang didampingi Sekretaris PCNU Pacitan M Nurul Huda dan Ketua GP Ansor Pacitan Khoirul Anam, Kamis (17/9). Pasar rakyat ini berlangsung Kamis-Jumat (17-18/9). 

Produk lokal unggulan Nahdliyin Pacitan yang ditampilkan antara lain kain batik, makanan khas, oleh-oleh Pacitan, suvenir, macam-macam furnitur, seragam dan atribut NU serta aneka batu mulia.

Pengunjung pasar rakyat ini juga dihibur oleh penampilan Orkes Gambus Aiwaah dari pondok pesantren Tremas, Pacitan.

M Nurul Huda mengatakan, kepedulian NU terhadap umat tidak hanya sebatas urusan ukhrawi, namun juga urusan duniawi seperti membangun perekonomian umat.

“Jamaah kita itu punya berbagai macam produk yang secara kualitas tidak kalah dengan yang tersebar di berbagai supermarket. Namun kita lemah di pemasaran. Maka pengurus NU perlu memberikan solusi pemasaran,” ungkap Huda.

Ia berharap pasar rakyat ini mampu meningkatkan usaha warga NU serta dapat meningkatkan daya saing usahawan nahdliyin. Ia juga berharap pemerintah daerah turut mendukung upaya pemberdayaan ekonomi jamaah NU.

“Kegiatan ini rencananya akan terus digelar rutin setiap tahun, sehingga peluang pasar akan terus terbuka dan perekonomian umat terangkat,” kata Huda.

Pasar rakyat yang diikuti oleh MWCNU sekabupaten Pacitan dan Banom NU Ini digelar dalam rangka meramaikan gelaran konsolidasi organisasi Nahdlatul Ulama Pacitan agar kepengurusan semakin solid serta khidmah NU kepada masyarakat semakin lebih nyata. (Zaenal Faizin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: