PBNU Akan Bikin Aplikasi Amaliah-Amaliah NU

Jakarta, NU Online
Sebagai upaya untuk meningkatkan kemudahan warga NU mengakses amaliah NU yang telah menjadi tradisi seperti bacaan Ratibul Attash, Simtut Dhuroor, Maulid Dibaa, dan lainnya, PBNU akan membuat versi aplikasinya yang nanti bisa diunduh secara gratis di sistem operasi android (google play) maupun di sistem operasi iphone (appstore). 

Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini menjelaskan, langkah ini merupakan upaya untuk mempermudah akses mengingat kebutuhan masyarakat tentang permasalahan agama semakin besar, apalagi seiring dengan klaim-klaim kebenaran satu pihak sehingga masyarakat menjadi bertanya dan berusaha mencari informasi lebih lanjut. 

Masalah keagamaan juga bagian dari layanan yang akan diberikan, seperti pembahasan bid’ah. “Dari berbagai masalah, yang paling mengerucut kan apakah bid’ah itu. Itu kan hal-hal yang menambahkan sesuatu yang tidak dikerjakan oleh rasul, dianggap berlebihan atau menimbulkan kesesatan,” tandasnya.

Ia menjelaskan, kalau shalat subuh 2 rakaat ditambah satu rakaat yang ngak boleh. Ini melebih-lebihkan sesuatu yang dianggap qot’i. Tapi kalau silaturrahmi kemudian doa bersama. Sepanjang melahirkan maslahah ya tidak ada masalah. 

“Tidak berarti semua yang tidak dikerjakan nabi adalah sesuatu yang kita singkirkan. Ini harus diedukasi masyarakat ini. Kita harus hadir. Jangan mempersulit diri untuk hadir.” 

Ditambahkannya, NU akan menyebarkan informasi tentang NU dan amaliahnya melalui banyak kanal di dunia maya karena tidak selalu satu kanal, meskipun sudah diakses banyak orang, bisa menjangkau semuanya. 

“Misalnya twitter kan mempermudah akses informasi kepada publik. Ini sepertinya kecil, tapi maknanya besar. Kita memulai dari sesuatu yang kecil, yang akan menjadi besar. Langkah orang besar kan dimulai dari sesuatu yang kecil. Jadi jangan penah merasa kecil atas tindakan yang kita lakukan, siapa tahu ini menjadi langkah besar bagi orang lain.” (Mukafi Niam) 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)