PBNU Peringati 1 Muharram dengan Istighotsah

Jakarta, NU Online
Tahun baru Hijriyah yang jatuh pada 1 Muharram atau dalam bahasa Jawa biasa disebut 1 Suro merupakan momen penting bagi umat Islam. Atas jasa Khalifah Umar-lah umat Islam tahun baru Islam ditetapkan pada 1 Muharram ini. 

Di gedung PBNU, malam ini juga diperingati dengan penuh sukacita dan khidmat. Di masjid An-Nahdlah yang berada di lantai satu digelar istighotsah yang diikuti oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Waketum H Slamet Effendy Yusuf, Sekjen H Helmy Faishal Zaini serta jajaran pengurus lainnya.

Jamaah yang sebagian besar memakai baju putih dan kopiah di kepala bagi yang laki-laki serta ibu-ibu yang berkerukung ini membaca dzikir dan wirid secara bersama-sama, dipandu oleh imam yang menyampaikannya dengan khusu’. 

Istighotsah yang dimulai sesudah shalat maghrib ini berlangsung sekitar satu jam. Para jamaah tetap setia, turut melantunkan doa-doa untuk memohon kebaikan kepada Allah. 

Kiai Said menjelaskan, istighotsah merupakan doa bersama. Siapa tahu diantara jamaah, ada yang dikabulkan doanya. “Apapun yang kita lakukan, harus disertai dengan doa kepada Allah,” tuturnya. (Mukafi Niam)
 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: