PBNU Turut Berduka atas Musibah Mina

Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengucapkan duka sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa ratusan jamaah haji di Mina, Arab Saudi, pada Kamis (24/9). Dikabarkan, sekitar 310 jamaah meninggal, sementara 450 lainnya mengalami luka-luka.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, atas nama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, saya menyampaikan turut berduka sedalam-dalamnnya atas kejadian yang menimpa di Mina Arab Saudi. Mereka adalah syuhada, ahlul jannah,” katanya kepada NU Onlline Kamis malam (24/9).

Musibah yang terjadi di Mina, kata dia, di luar kuasa manusia, mengingat tidak bisa diketahui kapan dan dimana seseorang meninggal. “Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran,” ungkapnya.  

Menurut dia, kita tidak usah mencari kesalahan atas kejadian itu. Sebab pemerintah Arab Saudi sedah berupaya semaksimal mungkin untuk melayani jemaah haji dari seluruh dunia. Namun berkumpulnya orang sekitar 3 juta, kesalahan manusia (human error) berakibat fatal.

Musibah terjadi pada akhir pelaksanaan ibadah haji. Musibah disebabkkan para jamaah haji berdesak-desakan di lembah padang pasir yang terletak sekitar lima kilometer sebelah Timur kota Mekkah, Arab Saudi. Letaknya di antara Mekkah dan Muzdalifah. (Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: