PCNU dan Forum Pesantren Tangerang Gelontorkan Beasiswa S1

Tangerang, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota/Kabupaten Tangerang dan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kota Tangerang sepakat memberikan bantuan beasiswa kepada para ustadz dan ustadzah yang ingin melanjutkan studi strata satu (S1) dan mengembangkan sumberdaya manusia.

KH. Syihabuddin, Ketua FSPP Kota Tangerang, menjelaskan, kegiatan ini berawal dari kegelisahan forum pesantren dalam menghadapi MEA atau persaingan global. Ustadz atau guru ngaji dituntut mampu bersaing dalam segala hal. Sebab itu pihaknya merasa perlu menguliahkan ustadz dan ustadzah dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia.

“Yang memberikan beasiswa tidak hanya FSPP, tapi NU pun turut andil menjadi bagian lahirnya gagasan ini,” ujarnya.

KH. Arif, Katib Syuriah PCNU Kota Tangerang, menegaskan, PCNU, FSPP dan STISNU (Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama) Nusantara Tangerang akan menyeleksi kelayakan siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan beasiswa. “Syaratnya, mampu dan menguasi kitab turats (kitab kuning), ilmu gramatika bahasa Arab, dan fasih membaca al-Qur’an,” imbuhnya.

Ketika ditanya soal sumber dana bantuan, ustadz ini menjawab bahwa biaya program ini diambil dari kas organisasi dan bantuan dari para pemangku kebijakan NU di Tangerang, bukan dari pemerintah. Sebab itu, ke depan, kami berharap program ini dapat direspon oleh pemerintah daerah kota/kabupaten Tangerang untuk membuat program yang sama.

“Semoga kegiatan ini berlanjut pada tahun tahun berikutnya, tidak selesai pada tahun ini saja”

KH. Ahmad Baijuri Khotib, Ketua STISNU Nusantara Tangerang, menjelaskan, FSPP dan PCNU telah sepakat terkait berapa jumlah bantuan yang diberikan dalam program ini, yakni sebesar Rp. 15.000.000.-,. Jadi, calon penerima bantuan beasiswa berkewajiban melunasi biaya di semester akhir, seperti; KKN, wisuda dan lain-lain. Jika ditotal hanya Rp. 6.300.000.- yang dibayarkan selama 3 tahun.

H. Muhamad Qustulani, ketua panitia seleksi penerimaan bantuan beasiswa ustadz dan ustadzah menambahkan, bahwa mulai tanggal 1-15 September 2015 pendaftaran sudah dibuka, dan tanggal 23 September 2015 mereka mengikuti ujian tulisan dan lisan. “Ujian tulisan berkaitan dengan pemahaman gramatika, fiqh dan ushul fiqh. Sementara lisan yaitu membaca dan memahami kitab Fathul Qorib,” katanya.

Penandatanganan nota kesepahaman program beasiswa ini dilakukan Rabu (26/8). Turut hadir Shobrun Jamil (Sekretaris PCNU Kota Tangerang), Agus Purwanto (Sekretaris PCNU Kabupaten Tangerang), Bahrudin (Puka STISNU Nusantara Tangerang), dan beberapa perwakilan dari kedua organisasi tersebut.

“Untuk (informasi) lebih jelasnya, dapat menghubungi kami di kampus NU Tangerang,” tutur Qustulani. (Red: Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: