PCNU Demak Telusuri Ekspedisi Cheng Ho dan Islam Nusantara

Demak, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak menggelar seminar bertajuk “Ekspedisi Cheng Ho dan Islam Nusantara” di Hotel Amantis jalan Lingkar Jogoloyo, Demak, Rabu (29/7). Pihak penyelenggara menghadirkan pembicara Prof Fan Jin Min dan Prof Xia Weizhong dari Nainjing, RRC.

Menurut Ketua PCNU Demak KH Musadad Syarif, penyelenggaraan ini merupakan amanat PBNU demi menyosialisasikan Islam Nusantara dengan konsep dasar Aswaja seperti tasamuh, tawasuth, tawazun, dan i’tidal termasuk ajaran Wali Songo dan laksamana Cheng Ho melalui peradaban dan budaya.

“Seminar ini membahas Islam Nusantara dan ekspedisi Cheng Ho sebagai sosialisasi pengembangan Islam di bumi Nusantara ini,” tutur Kiai Musadad.

Lebih lanjut Musadad mengatakan, dua narasumber ini juga datang ke Demak dengan membawa rombongan satu bus muslim Tiongkok. Mereka juga melakukan napak tilas perjalanan Laksamana Cheng Ho dalam mengembangkan agama Islam di bumi Nusantara seperti Gunung Batu Semarang dan Raja Bintor yang juga keturunan Tiongkok yakni Sultan Fattah di kompleks Masjid Agung Demak.

“Bersama rombongan, dua narasumber itu akan napak tilas serta melakukan ziarah ke raja Islam pertama Sultan Fattah yang juga merupakan keturunan Tiongkok,” tambah Musadad.

Sebagai pelaksanaan kegiatan direktur RSI NU Demak H dr. Abdul Azis melalui juru bicaranya Khoiriyyah mengatakan, seminar dihadiri 250 peserta yang terdiri dari pengurus PBNU, PWNU, PCNU, lembaga, banom, MWCNU sekabupaten Demak, Unwahas, guru besar dan mahasiswa. (A Shiddiq Sugiarto/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: