PCNU Pringsewu Awali Safari Ramadhan dengan “Jihad”

Pringsewu, PCNU Kabupaten Pringsewu mengawali safari Ramadhan dengan mengadakan Ngaji Ahad (Jihad) yang dilaksanakan Ahad (21/06) lalu. Dalam pengajiannya, Mustasyar PCNU Pringsewu KH Sujadi menekankan pentingnya menata dan memperbaiki niat yang menjadi dasar dari semua perbuatan kita di dunia. 

“Dengan memperbarui niat (tajdidun niat) akan menjadikan amal perbuatan kita didunia bermakna. Kita akan menjadi apa dan siapa tergantung nawaitu kita,” terangnya.

Mengutip hadits Rasulullah SAW, Kiai Sujadi mengatakan, bahwa perumpamaan niat seperti ruh dan perbuatan menjadi jasadnya. Jika kita beramal dan tidak diiringi oleh niat maka kita bisa jadi tidak mendapatkan apa-apa. Namun sebaliknya jika kita memiliki niat walaupun tidak jadi melakukan perbuatannya maka kita sudah mendapatkan sesuatu dari niat tersebut.

Abah Sujadi, panggilan kesehariannya mengingatkan pentingnya melafadzkan niat dalam mengawali sesuatu walaupun hal tersebut tidak diwajibkan. “Nawaitu soma ghodin atau niat puasa itu diucapkan agar kita tidak lupa serta menolong lisan kepada hati untuk melahirkan niat,” ucapnya. 

Kegiatan Jihad di bulan Ramadhan 1436 H ini dilaksanakan tidak seperti biasanya yang digelar pagi hari. Kegiatan Jihad kali ini dilaksanakan sore hari pukul 16.30 WIB sampai dengan waktu berbuka puasa. Setelah berbuka puasa kegiatan dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah di Aula Gedung NU Kabupayen Pringsewu. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: