PCNU Pringsewu Ngaji Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Pringsewu,
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu mengadakan diskusi dengan beberapa elemen masyarakat dan instansi terkait di gedung PCNU Pringsewu (19/9). Diskusi bertajuk “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dalam Perspektif Perilaku Islami”, diadakan untuk mendorong perilaku hidup bersih dan cinta lingkungan.

Diskusi ini terselenggara atas kerja sama PCNU Pringsewu dan beberapa lembaga terkait seperti Pemkab Pringsewu dan Lembaga Sosial SNV dari Belanda.

Menurut Ketua PCNU Pringsewu H Taufiqurrahim, masalah kebersihan dan kesucian tidak hanya perlu diketahui sebagai sebuah ilmu, namun hal tersebut perlu dilakukan sebuah gerakan untuk mewujudkannya.

“Perlu adanya gerakan yang bersifat bottom up dari bawah yang dipelopori oleh masyarakat sehingga perilaku hidup bersih dan sehat dapat tercipta,” jelasnya.

Taufiq mengatakan, mengubah perilaku memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. “Budaya hidup sehat khususnya sanitasi seperti buang air besar di tempatnya harus ditanamkan kepada warga khususnya warga NU. Karena jika ada yang BAB sembarangan, itu bukan saja menzhalimi diri sendiri namun bisa orang lain,” katanya.

Taufiq menambahkan, mengajak orang untuk berperilaku bersih sama dengan mengajak orang untuk beribadah. “Ini juga termasuk dalam bentuk jihad karena bersifat melawan penyakit, melawan perilaku zalim sekaligus dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat ” terangnya.

Diskusi ini diikuti oleh seluruh pengurus NU kabupaten dan kecamatan sekabupaten Pringsewu. Dari setiap kecamatan ada perwakilan orang yang nantinya akan menjadi pelopor untuk menyosialisasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di lapangan. (Muhammad Faizin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: