Pekan Depan, Mahasiswa Bahasa Arab UIN Ciputat Bedah Atlas Walisongo

Jakarta, NU Online
Himpunan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah (Syahid) Ciputat, mempersilakan umum untuk mendiskusikan masuknya Islam di Nusantara. Diskusi publik ini diadakan dalam rangka menelusuri kembali proses Islamisasi penduduk di Nusantara dengan segala dinamikanya.

Diskusi ini rencananya diadakan pukul 08.00 di auditorium utama Harun Nasution UIN Syahid Ciputat pada Senin 14 September 2015. Pada forum terbuka ini, pihak penyelenggara menghadirkan narasumber antara lain penulis Atlas Walisongo H Agus Sunyoto, guru besar UIN Ciputat Prof DR Azyumardi Azra, dan Guru Besar Bahasa Arab UIN Ciputat Prof DR Aziz Fachrurrozi.

Bedah buku Atlas Walisongo ini masuk dalam rangkaian acara Al-Arabiyah Lil Funun (ALF) yang diadakan jurusan HMJ Bahasa Arab UIN Ciputat.

Kegiatan lain yang masuk dalam acara ini antara lain karnaval, pentas seni, bazaar, dan banyak perlombaan yang pesertanya dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan umum.

Ketua panitia ALF Fajar Pinastia menuturkan, “Acara ini dikemas untuk menggali sejarah pemikiran progresif dan konstruktif dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Arab oleh Walisongo. Kecuali itu, kita ingin bersama-sama menumbuhkan sikap apresiatif terhadap keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia masa lalu.”

Jelasnya, kita ingin mengetahui buah pemikiran Walisongo di bidang pendidikan, tandas Fajar. (Alfaiz Irsyad/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)