Pelajar NU Cikatomas Rintis Usaha Jamur Tiram

Tasikmalaya,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat merintis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Organisasi pelajar tersebut bersama pemuda setempat melakukan budi daya jamur tiram di kampung Cidadap, Desa Cogreg.

Pada mulanya, kelompok usaha ini terbentuk dari kumpulan dan musyawarah PAC IPNU Cikatomas dengan pemuda setempat untuk mendirikan UMKM.

Ketua UMKM sekaligus pelopor budi daya jamur tiram, Lukmanul Hakim Choliludin, di Sekretariat PC IPNU Kabupaten Tasikmalaya Jalan Raya Timur Nomor 505 Badakpaeh, pada Ahad (20/9), mengatakan bahwa budi daya jamur dilakukan untuk membangun jiwa kreatif generasi muda, khususnya di kampung Cidadap.

Sekretaris Pimpinan Cabang IPNU Kabupaten Tasikmalaya tersebut menambahkan, UMKM adalah upaya menggerakkan pemuda kampung yang  berjumlah banyak, tetapi tidak punya kualitas, sehingga masih sulit mengembangkan diri.

Sementara, sambung dia, jika pemuda keluar kota, akhlaknya menjadi berubah. Atas dasar itu, IPNU Cikatomas mewadahi dan mengembangkan potensi mereka agar tidak mengangur ketika tinggal di desa.

Ia menerangkan, UMKM tersebut telah dirintis sejak Juli lalu dengan swadaya dan gotong-royong. Setelah berdiri, diberi nama UMKM Pemuda Cidadap. (Husni Mubarok/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: