Pelajar NU Sorong Gelar Musabaqah Tartil dan Hifzhul Qur’an

Sorong, NU Online
Pimpinan Cabang IPNU dan IPPNU Sorong memeriahkan malam Nuzulul Qur’an Ramadhan 1436 H dengan Musabaqah Tartil Qur’an dan lomba menghafal Al-Qur’an di masjid Al-Muttaqin, Malawele Aimas, Sorong. Kegiatan sejak Rabu-Ahad (1-5/7) ini melibatkan sebanyak 167 santri TPQ, madrasah diniyyah, dan pesantren di kabupaten Sorong.

Cabang tartil untuk usia 9 tahun sejumlah 29 orang, untuk 14 tahun sejumlah 87 orang. Sedangkan cabang Hifzhul Qur’an 1 juz sejumlah 51 orang. Peserta memperebutkan piala bergilir dan piala tetap.

Kegiatan ini bertujuan menjaring bibit-bibit baru para qari’ dan qari’ah Al-Qur’an berbakat sekaligus memberi motivasi anak-anak agar senantiasa mencintai dan mau belajar membaca Al-Qur’an.

Menurut Ketua IPPNU Sorong Fahmi Anggraini, IPNU-IPPNU sebagai pintu gerbang dan garda terdepan generasi muda NU berupaya mewadahi kaum pelajar Islam sekaligus mengakomodasi bakat generasi muda Islam agar tersalurkan dengan baik.

“Di sisi lain, musabaqah ini dapat mengajak generasi Islam agar senantiasa belajar membaca Al-Quran dan menggali potensi,” kata Fahmi Anggraini.

Ketua PCNU Sorong H Nahrowiyanto menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini. Menurutnya, musabaqah merupakan salah satu media syiar agama Islam agar para generasi muda Islam memiliki spirit juang dalam mencintai agamanya.

“Dengan begitu nilai-nilai Islam dapat terwujud dan lestari dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Tentu, semua itu dikarenakan keberkahan Al-Qur’an itu sendiri ketika berada di tengah-tengah kita,” kata H Nahrowiyanto. (Zaenal Arifin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: