Pemkab Demak Bentuk Lembaga Terpadu Mudahkan Layanan Umat

Demak, Untuk mempermudah koordinasi dan pelayanan umat, Pemkab Demak membentuk sekretariat bersama dengan berbagai organisasi, lembaga  keagamaan, dan pemerintah, diantaranya MUI Demak, BAZDA, Dewan Masjid Indonesia, dan Pengurus Pemangku Makam Aulia (PPMA).

Hal ini dilakukan karena agar masyarakat dalam mengadukan atau menyampaikan hasil pikir yang berkaitan dengan nasib umat bisa dengan mudah mengakses ke lembaga yang dituju tersebut

“Kami sudah berkoordinasi dengan ke empat lembaga tersebut untuk membentuk sekretariat bersama sebagai tempat koordinasi dan pelayanan umat secara terpadu,” ujar Bupati Demak H Dachirin Said pada acara Silaturrahmi Forum Komunikasi Ulama dan Umara (FKUU) Kabupaten Demak tahun 2015 di Pesantren Al Hidayat Krasak Temuroso Guntur Demak Jateng, Sabtu (13/6).

Lebih lanjut, Dachirin yang juga Mustasyar PCNU Demak tersebut menambahkan, sekretariat tersebut akan dibangun bersama dan pembiayaannya juga ditanggung ke empat lembaga tersebut yang akan di tempatkan di komplek Masjid Agung Demak dengan memanfaatkan tanah milik BKM.

“Alhamdulillah mereka sudah sepakat termasuk pembiayaan proses pembangunannya, termasuk BAZDA kemarin sudah menyediakan dana awal dua ratus juta rupiah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Demak KH Moh Asyiq menyampaikan, kebersamaan ulama umara jika bisa harmonis menurutnya akan bisa mewarnai dan membentuk suatu daerah atau negara yang aman dan sentosa. 

“Kalau ulama dan umara bisa harmonis, maka akan seperti ini bisa membangun secara bersama sama,” kata Kiai Asyiq.

Dalam acara tersebut selain di hadiri ulama se kabupaten Demak juga di hadiri Muspida Demak beserta SKPD se-Kabupaten Demak. (Shiddiq Sugiarto/Fathoni) 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: