Pengumuman 3 Karya Terbaik Lomba Esai KMNU

Setelah melalui tahap pendaftaran, pengumpulan karya dan penjurian, lomba  esai perlombaan pada event Nahdlatul Ulama Science and Cultural Art (Nu santara) 2015, memasuki tahap pengumuman 3 besar.

Pendaftaran dan pengiriman karya telah dimulai dari tanggal 27 Agustus sampai 6 Oktober 2015. Dalam kurun waktu tersebut tercatat 19 karya yang masuk ke meja panitia. Kesembilan belas karya tersebut selanjutnya dinilai dewan juri untuk diambil 3 karya terbaik.

Dua juri penilai yaitu Ahmad Anfasul Marom, SHI., MA. (Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga) dan Syarif Nurhidayat, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia).

Penilaian juri lomba bertema “Akselerasi Kemajuan Indonesia Melalui IPTEK yang Selaras dengan Kearifan Lokal” tersebut didasarkan pada kriteria: gagasan, orisinalitas, format esai, data, dan sumber informasi, kontribusi dan kemanfaatan.    

Peserta terpilih 3 besar akan diundang untuk penganugerahan pada acara puncak NU-santara 2015, yaitu “Seminar Kebangsaan dan Kontemplasi Budaya” yang diadakan tanggal 18 Oktober 2015 di Kampus Darmaga Institut Pertanian Bogor.

Berikut 3 karya dengan nilai terbaik penilaian dewan juri:

  1. Muhammad Rudi Kurniawan (UI), judul karya: “Internalisasi Aswaja sebagai Kearifan Lokal Melalui Game Platorm”
  2. Dina Auliya (UGM), judul karya: “Sistem Vertikultur sebagai Solusi Lahan Sempit dan Penunjang Ketahanan Pangan”
  3. Husna Nadiyya (UII), judul karya: “Revitalisasi Aksara Pegon Sebagai Standarisasi Metode Pembelajaran Kitab Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter”

Dengan diadakannya lomba esai ini diharapkan peserta dapat memberikan sumbangsih untuk kemajuan Indonesia melalui IPTEK yang selaras dengan kearifan lokal. Segenap Panitia mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi  kerja keras dan partisipasi seluruh peserta dalam memeriahkan event  Nu-santara KMNU 2015. Selamat untuk ketiga karya yang terpilih. Gelorakan semangat menulis untuk Indonesia yang lebih maju.

Kegiatan NU-santara diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Nasional sebagai wadah berkarya untuk para kaum muda. Peserta esai yang turut berpartisipasi dalam perlombaan ini adalah mahasiswa dari tingkatan D3 dan S1 dari seluruh universitas di Indonesia. (Puguh Imam Al Abib/ el Naomiy/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: