Pengurus NU di Sumbar Didorong Aktifkan Lembaga Wakaf

Padang, Sudah saatnya seluruh lembaga NU di Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengaktifkan dan mengembangkan bidang wakaf dalam kepengurusan NU dari tingkat cabang sampai ranting. Karena dalam struktur organisasi, semua yang terkait dengan wakaf maupun zakat sudah diatur tinggal pengurus NU di daerah menggerakannya.

Demikian disampaikan Buya H Zainal, Rais Syuriyah PWNU Sumatera Barat di sela-sela acara Orientasi Wakaf di lingkungan NU Se-Sumatera Barat bekerja sama dengan Kementerian Agama Sumatera Barat yang digelar di asrama Haji Tabing, Padang, Senin-Selasa 29-30 Desember 2015.

“Para pengurus cabang NU harus memperkuat lembaga-lembaga tersebut sehingga kegiatan sosial ekonomi serta pendidikan dilingkungan NU dapat diarasakan kehadirannya oleh masyarakat terutama warga Nahdliyin,” terang Buya Zainal.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ahmad Wira bahwa secara hukum syar’i, wakaf uang sudah menjadi ijma’ ulama dan sudah lama dikembangkan oleh lembaga wakaf ormas dan lembaga sosial lainnya di Indonesia maupun di dunia. 

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Imam Bonjol Padang ini juga menekankan agar instrumen sosial dalam Islam ini dapat dikembangkan dan menjadi modal sosial NU dalam mengembangkan seluruh amal usaha NU baik untuk pengembangan pendidikan, lembaga dakwah maupun ekonomi produktif untuk penguatan ekonomi warga nahdliyin yang kebanyakan hidup dengan ekonomi lemah.

Ketua PWNU Sumatera Barat, H Maswar dalam pembukaan menyatakan, PWNU akan berusaha menjalin relasi dengan lembaga dan instansi pemerintah terutama Kementerian Agama dalam hal mengadakan pelatihan-pelatihan untuk penguatan pengurus NU di tingkat cabang dan MWC. 

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam (Penais) Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat ini juga berharap agar ke depan lembaga-lembaga di NU dapat digerakkan untuk pendidikan, penguatan ekonomi masyarakat serta tetap menjaga tradisi umat seperti maulid Nabi, tahlilan, yasinan. (Afrindi/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)