Pentas PAI, Jawa Timur Pertahankan Gelar Juara Umum

Bekasi, Pada upacara penutupan Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas PAI) ke-7 yang digelar di Asrama Haji Bekasi, Kamis (13/8) malam, Kontingen Jawa Timur sepertinya sudah mengetahui jika bakal mampu mempertahankan gelar juara umum.

Dari 22 kategori perlombaan, Jawa Timur menempatkan perwakilannya sebagai pemenang di 15 cabang perlombaan. Tidak hanya juara I, juara II, III, dan harapan juga diraih kontingen provinsi paling timur di Pulau Jawa ini.

Untuk juara I, Jawa Timur mendulang dari cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sekolah Dasar (SD) Putri atas nama Naswa Aulia Sabila. Lalu, dari Lomba Pidato PAI SMP Putra atas nama Mohammad Ilham Haikal Jogo Fauzi Baqy.

Dari lomba pidato PAI SMA/SMK Putri, perwakilan Jawa Timur juga mendapat juara I atas nama Mirza Fissabila. Kemudian, dari cabang Musabaqah Hifdzil Quran SD Putra juga menyabet piala juara I atas nama M Habibul Mujib.

Jawa Timur lagi-lagi mendapat juara I pada lomba cerdas cermat PAI SMP menyisihkan Sumatera Barat dan DKI Jakarta yang masing-masing menempati juara kedua dan ketiga. Jatim menurunkan timnya atas nama Hendy Aulia Rahman, Qotrunnada Munfida, dan Nur Hanifah.

Sementara untuk juara II, Jawa Timur mendapatkannya dari Adzraatul Luthfiyah pada cabang MTQ SMP Putri. Masih di cabang yang sama, Muhammad Tsabit Albanani dari Jawa Timur juga menyumbangkan juara II untuk MTQ tingkat SMA/SMK Putra.

Untuk lomba pidato PAI SMA/SMK, Aliffiyan Akbaruddin dari Jawa Timur unggul atas delegasi Jawa Tengah kendati masih di bawah perwakilan Jawa Barat yang menempati urutan pertama.

Dari lomba pidato PAI SD Putra, Muhammad Ichwanuddin dari Jawa Timur cukup puas mendapat juara harapan II. Begitu juga yang diraih Sindy Nuril Maghfiroh pada cabang MHQ SMP Putri. Jatim pun akhirnya harus lapang dada kala tim lomba cerdas cermat PAI SD di posisi juara harapan II. Demikian pula, Mega Suci Mawaddah meraih posisi ini pada lomba kaligrafi Islam.

Kemudian, dari Musabaqah Hifdzil Quran SD Putri lagi-lagi Jawa Timur melalui Wirdatul Hasanah cukup puas mendapat juara harapan I.

Meski cukup mendapat nilai tinggi pada lomba debat PAI SMA/SMK, tim Jawa Timur hanya mendapat juara III setelah kontingen Sumatera Utara dan Kepulauan Riau. Tim yang berkekuatan tiga personel ini atas nama Nabila Chairunnisa, Nur Halimah, dan Bramasta Singgih Prianggara. Debbye Violga Nurdiatna juga meraih juara III pada LPP SMP Putri.

Kegiatan yang diinisiasi Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama ini diikuti 32 provinsi se-Indonesia. Program dua tahun sekali yang diikuti sekolah umum (SD, SMP, SMA) ini digelar pada 10-14 Agustus 2015 di Asrama Haji Kota Bekasi, Jawa Barat. (Musthofa Asrori/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)