Pergunu Jabar Latih Guru-guru IPS Implementasikan Kurikulum 2013

Subang, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat melaksanakan “Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS bagi Guru-guru SMP/MTs” di Aula Kantor PCNU Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kegiatan hasil kerja sama dengan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Pascasarjana UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung ini berlangsung Sabtu (5/9) dan diikuti 48 guru IPS se-Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam acara tersebut Rais Syuriah PCNU Kabupaten Subang KH. Agus Salim, Sekretaris PCNU Kabupaten Subang H Aep Saepuzaman, dan Ketua STEINU Subang Dr. Amir Syarifudin.

Menurut Sekretaris Pergunu Jawa Barat H. Saepuloh, dalam implementasinya Kurikulum 2013 sangat mengakomodasi nilai-nilai budaya sebagai wujud kearifan lokal. Sedangkan, kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran IPS pada kurikulum 2013 adalah pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai serta keterampilan sosial.

“Kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran IPS pada kurikulum 2013 bukan hanya pengetahuan, tetapi ditambah dengan keterampilan, sikap dan nilai serta keterampilan sosial,” tutur H. Saepuloh.

Menurut Prof Dr Bunyamin Maftuh, Ketua Prodi Pendidikan IPS SPs UPI Bandung, pelatihan tersebut merupakan wahana untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kabupaten Subang H. Aep Saepuzaman berharap pelatihan implementasi Kurikulum 2013 dijadikan sebagai titik awal dalam peningkatan kualitas pendidikan NU. “Kurikulum 2013 dalam implementasinya diharapkan bisa memasukan muatan-muatan NU” tuturnya. (Red: Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)