Peringati Hari Santri Pelajar di Kudus Nobar Film Sang Kyai

Kudus,
Sejumlah pesantren dan madrasah memutar film Sang Kyai, Kamis (22/10) malam. Di pesantren Tarbiyatul Banat dan Tarbiyatush Shibyan Kalilopo Klumpit Gebog, ratusan santri antusias menikmati film yang mengisahkan perjuangan Mbah KH Hasyim Asy’ari ini.

Begitu pula, pesantren Darun Najah 2 Kudus. Puluhan santri menonton dengan penuh suka cita. Sementara di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kudus, semua siswa memakai sarung dan memutar film terbaik FFI ini pada setiap ruang kelas Kamis pagi.

Menurut ustadz pesantren Tarbiyatul Banat Ulil Abshar, pemutaran film ini bertujuan mengenalkan ghirah perjuangan pendiri NU KH Hasyim Asy’ari dan santri yang mengobarkan Resolusi Jihad dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Islam (NKRI).

“Kisah Sang Kyai ini merupakan manaqib dari KH Hasyim Asy’ari sehingga santri penting mengetahui dan memahami perjalanannya. Momentum Hari Santri 22 Oktober sangat tepat memutar ulang film yang penuh nilai sejarah dan  sarat makna,” katanya kepada .

Melalui pemutaran film ini, ia mengharapkan para santri lebih giat belajar mengaji dalam mengisi kemerdekaan NKRI ini melihat perjuangan tokoh-tokoh NU yang begitu gigih mati-matian membela tanah air.

“Spirit perjuangan kiai dan ulama NU harus tertanam pada diri santri untuk diteladani baik ucapan, tindakan maupun amalannya sehari-hari,” imbuh Ulil yang juga pengurus GP Ansor Gebog. (Qomarul Adib/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: